Pakan Terbaik Khusus Untuk Anakan Burung Kenari (Lolohan)

Advertisement
Advertisement
Budidaya burung kenari sebenarnya bisa dibilang cukup mudah dan tidaklah ribet, cukup dengan perawatan sehari-hari mulai dari pemandian, penjemuran, hingga pemberian pakannya yang jika dipikir-pikir tidaklah susah. Namun begitu, meski terlihat mudah mesti butuh konsistensi dalam perawatan setiap harinnya. Banyak yang menganggap burung kenari perawatannya sangat mudah dikarenakan sebagian besar pakannya adalah berasal dari biji-bijian, dan pakan sejenis biji-bijian ini selain sangat mudah didapatkan, juga terbilang awet dan mampu bertahan hingga berbulan-bulan, sehingga tentu sangat digemari oleh para kenari mania  yang merasa tidak harus mengeluarkan biaya yang banyak dalam hal perawatannya.

gambar meloloh anakan kenari

Dalam memelihara kenari yang perlu anda ketahui juga perlu adanya inovasi dalam hal pemberian pakannya dengan maksud agar kenar tidak bosan, atau juga bisa agar kenari lebh rajin gacor, atau juga agar kenari lebih sehat dan tampil prima, dan lain-lain. Yaitu dengan memberikan pakan yang mengandung tinggi protein seperti telur puyuh, telur rebus, telur unggas, dan lain sebagainya. Bisa juga dengan menambahkan sedikit kroto agar kenari lebih senang dan merasa puas.

Dalam hal pemberian pakan untuk burung kenari dewasa memang sangat mudah dan tidak ribet, namun yang ribet adalah memberikan pakan untuk kenari anakan atau lolohan. Banyak sekali dari para penghobi kenari yang kebingungan mengenai pemberian pakan pada kenari anakan ini, khususnya bingung dalam hal memilih pakan yang tepat untuk kenari anakan. Apakah harus diberi biji-bijian, tetapi takut malah membuat serak atau kenari anakan tersebut makannya tidak lancar. Atau mungkin juga berinisiatif untuk memberikan pakan berupa sayur-sayuran, tetapi malah kenari tidak menyukainya. Oleh karena itu, diperlukan informasi yang tepat dalam hal pemberian pakan khusus kenari anakan agar pakannya benar-benar sesuai dan tidak takut salah.

Ketika kenari masih anakan, tentu sangat memerlukan pakan yang mengandung gizi yang tinggi, dan tentu sangat berdampak buruk bila pakan yang diberikan pada kenari tidak tepat. Maka dari itu kami akan mencoba membagikan beberapa poin tentang pakan terbaik untuk anakan kenari. Adapun poin-poinnya bisa anda simak di bawah ini.

Pakan yang tepat untuk anakan burung kenari adalah sebagai berikut: :
  1. Pakan yang diberikan untuk kenari anakan bisa berupa kombinasi antara susu bubu dengan kuning telur rebus dengan perbandingan satu banding dua, serta tambahkan sedikit air.
  2. Biskuit malkist bisa juga menjadi pakan yang tepat bagi kenari yang masih berumur satu bulan.
  3. Agar saat menyuapi kenari anakan tidak menimbulkan bahaya, maka lakukan dengan menggunakan alat yang berupa lidi yang sudah ditumpulkan.
  4. Apabila anda merasa kesusahan dalam menyapi kenari anakan tersebut, maka pakan bisa anda sandingkan dengan indukan kenari yang tidak lagi bertelur, sehingga indukannya yang menyuapinya. Hal ini sudah banyak dilakukan oleh para penangkar kenari, sehingga bisa anda tiru cara tersebut.

Mungkin cukup sekian wawasan tentang pakan terbaik untuk anakan kenari yang dapat kami bagikan kepada sobat pecinta kenari, semoga tulisan ini bisa menjadi sebuah wawasan yang tepat untuk menjadikan kenari kesayangan anda bisa terawat dengan maksimal. Jangan lupa juga untuk melihat artikel yang telah kami bagikan sebelumnya, yakni tentang: suara kenari dan cara mengatasi kenari macet bunyi.