Karakteristik Umum Burung Kenari

Advertisement
Advertisement
Merawat burung kenari sebenarnya tidak hanya kegemaran yang biasa, namun memelihara burung kenari bisa menghasilkan keuntungan yang tinggi. Banyak penangkar kenari yang berusaha beternak atau membudidayakan kenari atau menjadikannya sebagai ladang bisnis yang menjanjikan. Karena melihat burung kenari saat ini sudah cukup banyak sekali peminatnya. Bahkan dari kalangan pemula sendiri juga banyak yang tertarik untuk beternak burung kenari, mungkin anda termasuk juga yang berkeinginan untuk membudidayakan kenari (Baca: cara ternak kenari bagi pemula).

karakteristik kenari

Jika anda benar-benar ingin mendapatkan keuntungan yang besar dari bisnis ternak kenari, maka yang harus anda lakukan sekarang adalah dengan mulai merawat burung kenari. Karena memmelihara hewan ternak seperti kambing, ayam, sapi, dan lain-lain sudah terlalu umum dan mainstream, maka bisa anda coba untuk beternak kenari. Saat ini peternak kenari cukup banyak yang sukses, dan di sisi lain juga keinginan pasar cukup tinggi. Apalagi melihat masyarakat yang cukup ramai dan berpartisipasi dalam setiap even atau ajang perlombaan kenari. Maka hal ini tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi peternak kenari yang terus menyediakan burung kenari sebagai burung yang tidak hanya dijadikan burung peliharaan, melainkan juga sebagai burung lomba, dan itu tergantung juga dari kualitas burung tersebut.

Begitu ramainya euvoria dalam setiap even perlombaan kenari, dan bisa anda lihat cukup banyak pesreta yang mengikuti perlombaan tersebut. Di malang sendiri pasar burung juga sangat ramai digemari oleh kicau mania, khususnya bagi para kenari mania yang menggemari burung kenari menjadi burung kesayangan. Dan saat ini burung kenari termasuk salah satu jenis burung yang menjadi primadona.

Burung kenari sangat cocok dijadikan sebagai burung ternak untuk bisnis yang menjanjikan, apalagi kenari termausk jenis burung yang indah, suka berkicau, dan digemari banyak orang. Ada berbagai macam jenis burung kenari yang bagus-bagus, baik kenari lokal maupun kenari impor seperti kenari Yorkshire, kenari Lancashire, kenari Border, dan lain sebagainya (Baca: macam-macam jenis burung kenari).

Burung kenari yang sering disebut dengan istilah Serinus Canaria ini sebenarnya termasuk ke dalam keluarga Fringillidae bersama dengan burung Finch. Awal mula kenari ditemukan pada abad ke-15, di Kepulauan Canary oleh seorang Pelaut Perancis yang bernama Jean de Berthan Cout. Maka dari itu burung ini disebut burung kenari sesuai dengan nama tempat pertama kali ditemukannya (Baca: fakta unik kenari dan sejarahnya).

Melihat jenis burung kenari yang sangat banyak sekali, ada berbagai macam jenis yang bagus dan indah, maka tentu harganya juga berbeda-beda sesuai kaulitas dan klasifikasi jenisnya (Baca: harga kenari). Adapun karakteristik burung kenari juga cukup banyak, bisa anda simak sendiri beberapa karakteristik secara umum pada burung kenari di bawah ini.

Karakteristik kenari secara umum diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Kenari adalah burung penyanyi
Kenari termasuk burung pernyanyi karena sangat senang berbunyi, dan burung ini memiliki suara yang indah dan merdu. Jadi, wajar bila banyak orang yang terkagum dengan suaranya yang indah dan nyaman didengarkan. Dengan karakter penyanyinya, maka tak heran bila burung ini dijadikan sebagai burung kontes yang patut untuk dilombakan (simak: suara kenari).

2. Kenari merupakan burung petarung
Banyak orang yang menyebut kenari sebagai burung petarung karena kenari sangat senang berkicau, dan semakin berkicau dengan suara yang lantang dan merdu, maka semakin menunjukkan bahwa kenari tersebut benar-benar jantan yang mampu menarik perhatian dari kenari betina. Yang perlu digaris bawahi di sini, karakter petarung yang dimaksud bukanlah bertarung secara fisik, tetapi lebih pada kegemarannya dalam berkicau dengan suara yang istimewa.

3. Kenari termasuk jenis burung yang mudah beradaptasi
Burung kenari sebenarnya berasal dari benua Eropa, dan sudah banyak orang Indonesia yang mengimnpor kenari-kenari bagus dari Eropa, Meskipun demikian, kenari terbilang sangat mudah beradaptasi dengan musim yang ada di Indonesia yang tentunya sangat jauh berbeda kondisinya dari kondisi di Eropa.

4. Kenari termasuk burng yang mudah jinak
Selain mudah beradaptasi dengan lingkungan, kenari juga termasuk burung yang mudah dijinakkan oleh pemiliknya. Kenari sangat mengenali orang yang merawatnya, apalagi sudah merawatnya sejak kecil. Dan biasanya kenari semakin rajin berbunyi bila tahu bahwa ada pemiliknya yang memperhatikannya (Baca: cara menjinakkan kenari).

5. Kenari juga tidak mudah stres
Selain bentuk tubuh yang indah serta suara yang istimewa, tidak mudah stres juga menjadi keunggulan tersendiri bagi burung kenari. Pasalnya, banyak penangkar kenari yang berusaha memindahkan sangkarnya atau tempatnya yang baru, maka kenari mudah beradaptasi dan tetap mudah berkicau.

6. Kenari birahinya mudah naik
Kenari tergolong jenis burung yang birahinya sangat mudah naik, apalagi bila bertemu dengan kenari betina yang berada dalam satu sangkar, maka tidak membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi. Hal ini tentu akan menjadi keuntungan tersendiri bagi para penangkar kenari yang berusaha membudidayakan atau mengembangbiakkan kenari yang diinginkannya.

Cukup sekian artikel yang kami tulis kali ini tentang karakteristik kenari secara umum, semoga apa yang kami tulis bisa menjadi sebuah wacana yang tepat bagi anda khususnya para kenari mania.