Cara Merawat Kenari Merah Agar Warna Bulunya Tidak Pudar

Advertisement
Advertisement
Burung kenari merah atau Red factor canary ini meruopakan jenis kenari yang memiliki keunikan pada waranya yang merah mempesona. Kenari merah saat ini bisa dibilang cukup langka, namun cukup banyak pula para penggemar kenari yang memburu atau mencarinya. Dengan banyaknya kenari mania yang mengincar kenari jenis ini, maka tak jarang pula para oknum tertentu yang berusaha untuk melakukan tindakan kurang profesional dengan cara curang, yakni meberi cat warna pada jenis kenari biasa, kemudian menjualnya dengan menyebutnya kenari merah. Oleh karena itu diperlukan kewaspadaan dalam memilih kenari merah ini, terlebih sebelum membeli kenari merah harus tahu dulu seperti apakah kenari merah yang ingin didapatkan tersebut (Lihat: gambar kenari merah).

warna kenari merah

Jika dilihat dari segi perawatan kenari merah, maka tak jauh berbeda dengan kenari jenis yang lain, hanya saja ada perawatan khusus untuk kenari merah dari segi pakan maupun dietnya dengan tujuan agar warna bulu kenari merah tetap cerah dan tidak pudar. Berdasarkan pengalaman para peternak kenari, mereka mengkhususkan perawatan untuk kenari merah dari yang warnanya oranye ke warna merah terang, karena kenari merah jenis ini harus diberikan makanan dengan sistem diet khusus, hal ini dimaksudkan agar kenari tersebut warna bulunya tetap indah dan tidak pudar, meskipun telah mengalami proses mabung atau molting.

Pakan yang diberikan untuk kenari merah harus memenuhi standar, terlebih harus memenuhi nutrisi tertentu seperti beta carotene agar warna kenari merah tetap indah dan tidak memudar. Bebeda lagi bila pakan yang diberikan secara asal-asalan atau yang penting makan, maka akan beroengaruh buruk pada tampilan warnanya, bahkan bila setelah mengalami proses mabung, warna bulunya akan berubah menjadi warna kuning alias pudar.

Tambahan pakan yang berupa suplemen dari bahan kimia boleh dilakukan, namun ini tidak direkomendasikan karena akan berdampak kurang bagus pada warnanya. Maka dari itu, harus ada pemberian pakan yang lain, dan sebaiknya berupa sayur-sayuran hijau dan segar, karena sayuran mengandung vitamin yang alami dan tentu bagus sebagai nutrisi yang tepat untuk menjaga kesehatan kenari, terlebih untuk ketahanan warnanya agar tidak pudar.

Telah banyak pengalaman merawat kenari merah dengan memberikan pakan-pakan dari bahan kimia dengan anggapan bahwa pemberian pakan seperti itu lebih praktis dan tidak terkesan ribet, namun hal ini menimbulkan dampak yang kurang baik pada kenari itu sendiri, akibatnya warna bulu yang indah berubah menjadi kusam, dan tak lama banyak yang rontok, dan ada juga yang sampai pada kematian. Simak selengkapnya mengenai metode khusus perawatan kenari Red Intensive.

Agar pemberian pakan lebih aman dan baik bagi kenari merah itu sendiri, maka sebaiknya diberikan pakan sayur-sayuran segar yang kaya vitamin seperti: tomat, salad, wortel, brokoli, buah cherry, labu, dan masih banyak yang lainnya, yang mana itu semua sangat mudah di dapatkan di toko sayur terdekat. Apabila kenari merah benar-benar sehat, dan warnanya begitu indah, maka harganya pun relatif mahal sesuai dengan kualitasnya tersebut. Untuk mengetahui harga kenari merah terkini silahkan baca artikel tentang harga kenari merah. Apabila anda juga ingin tahu harga jenis kenari secara keseluruhan maka bisa anda lihat pada artikel yang berjudul harga kenari terbaru.

Demikian pembahasan tentang cara merawat kenari merah untuk kali ini, semoga apa yang kami informasikan di atas bisa menjadi sebuah wacana yang bermanfaat. Khususnya buat anda yang ingin merawat kenari merah dan mungkin perlu informasi sebelum memeliharanya. Dan tambahan, silahkan baca ulasan singkat tentang: suara kenari dan faktor keberhasilan beternak kenari yang sebelumnya telah kami share kepada sobat semuanya.