Cara Menyambung Kaki Burung Kenari Yang Patah Lengkap Dengan Gambar

Advertisement
Advertisement
Sekarang ini sudah semakin banyak penhobi burung kenari, dan bahkan kenari sudah menjadi teman dan menjadi burung kesayangan yang tentu selalu dirawat dengan sebaik mungkin. Namun, banyak juga yang bersedih karena kenari kesayangan mengalami masalah yang cukup serius, misalnya: kenari sakit, kenari stres, kenari kakinya bengkak, dan lain sebagainya. Namun, pada kesempatan kali ini kami akan mengupas tentang tips mengatasi kaki kenari patah dan beserta cara menyambungkannya agar kaki kenari yang patah itu bisa kembali seperti sedia kala.

Banyak dari penghobi kenari yang kenarinya mengalami patah kaki, dan mungkin juga anda termasuk yang pernah mengalaminya atau mungkin baru mengalaminya. Tentu hal ini sangat menyedihkan, maka dari itu perlu adanya pengetahuan khusus mengenai cara perawatannya agar kaki kenari yang patah bisa kembali normal. Kaki kenari yang patah agar kembali seperti semuala bukanlah hal yang mudah seperti membalikkan telapak tangan, atau tidak instan, karena semua itu butuh proses penyembuhan dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Tentu harus diimbangi kesabaran bagi pemilik kenari agar tetap merawat kenari dengan sebaik mungkin.

Ada juga yang kenarinya sampai patah kaki berdarah-darah, hal ini terlihat sangat mengenaskan. Oleh karena itu, bagaimanakah cara perawatannya? Kami akan mencoba sharing tentang cara mengobati dan menyambungkan kaki kenari yang patah itu sesuai dengan pengalaman dari para penangkar kenari yang sudah berpengalaman. Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Adapun bahan-bahan itu diantaranya adalah sebagai berikut:

Bahan-bahan:
  1. Tisu.
  2. Lidi bambu.
  3. Lem kayu.
  4. Obat-obatan antiseptik, salah satunya adalah betadine.
Untuk perawatan kenari yang kakinya berdarah-darah dan terlihat patah, maka bisa anda simak langkah-langkahnya berikut ini:
  1. Cuci terlebih dahulu kaki kenari yang luka atau berdarah-darah tersebut dengan air bersih.
  2. Kemudian olesi dengan obat-obatan jenis antiseptik seperti Orbird pada kaki yang luka.
  3. Lalu luruskan kaki kenari yang patah itu.
  4. Tempelkan lidi bambu kecil sebagai penyambung kaki kenari yang patah.
  5. Selanjutnya balut dengan tisu hingga 5 sampai 6 lapisan.
  6. Silahkan lem balutan itu dengan lem kayu, dan pegang terus hingga lem benar-benar kering, kemudian lepaskan.
Agar lebih jelasnya bisa anda lihat seperti gambar berikut ini:

kaki kenari berdarah
kaki kenari patah
menyambung kaki kenari yang patah

Demikian penjelasan tentang cara menyambung kaki kenari yang patah berdasarkan pengalaman para penangkar kenari, semoga apa yang kami ulas di atas bisa menjadi sebuah acuan dalam mengatasi kenari yang patah. Sebelumnya telah kami bahas artikel yang tak kalah menari, yakni tentang: suara kenari dan cara merawat kenari biar ngeplong.