Cara Meningkatkan Birahi Burung Kenari

Advertisement
Advertisement
Burung kenari merupakan jenis burung yang mudah untuk dikawinkan. Karena kenari mudah untuk naik birahinya, namun terkadang banyak juga penghobi kenari yang berusaha untuk menangkar kenarinya namun kesulitan dalam membuat birahi kenarinya naik, padahal sudah berusaha menyatukan kenari jantan dengan kenari betina. Dan banyak pula  yang malahan mengalami hal yang ekstrim, yaitu burung kenarinya over birahi. Dan tentu hal ini juga akan menjadi masalah sendiri, karena kurang bagus juga bila kenari mengalami over birahi. Untuk mengatasinya, sebelumnya sudah pernah kami bahas seputar masalah tersebut (Baca: cara mengatasi kenari over birahi).

kenari birahi

Merawat burung kenari memang mudah, tapi juga perlu kesabaran dan ketelatenan disetiap harinya, mulai dari memberi pakan, memandikan kenari, menjemur kenari, dan lain sebagainya. Dan harus selalu sabar dalam menghadapi setiap permasalahan yang terjadi pada burung kenari kesayangan anda. Semua penangkar kenari juga akan mengalami hal yang sama, dan untuk mencapai keberhasilan atau kesuksesan dalam beternak burung kenari, maka diperlukan sebuah proses, dan dalam proses tersebut harus dengan kesabaran dan semangat merawat kenari dengan sebaik mungkin, tentunya juga harus secara konsisten dan teratur, karena perawatan kenari ada saat-saat di mana pemiliknya harus tahu waktu yang tepat untuk melakukan kegiatan yang berkaitan dengan perawatan kenari, misalnya harus tahu kapan saat yang tepat untuk memandikan kenari, kapan saat yang tepat untuk memaster kenari, kapan saat yang tepat untuk menjemur kenari, dan lain sebagainya.

Jika berbicara masalah burung kenari yang sedang tidakbernafsu untuk kawin, atau birahinya tidak muncul, padahal sudah didekatkan atau dicampurkan kenari jantan dengan kenari betinanya, maka hal ini harus datasi dengan trik-trik khusus yang dapat menjadikan kenari tersebut birahinya naik. Berdasarkan pengalaman dari pakar kenari, bahwa ada beberapa tips yang harus dilakukan dalam menjadikan birahi kenarinya menjadi naik, dan itu bisa anda ketahui informasinya di bawah ini.

Adapun beberapa tips dan cara meningkatkan birahi kenari adalah sebagai berikut:
  1. Kenari yang kurang birahi bisa anda beri pakan tambahan yang mengandung banyak gizi, telur puzuh, dan vitamin OrBird.
  2. Setiap pagi hari harus rutin dijemur, agar kenari kesayangan anda tidak stres dan tetap sehat atau tampil prima.
  3. Dalam proses penjemuran, bisa anda akali dengan trik mendekatkan kandang kenari jantan dengan kenari betina, karena pada masa penjemuran, kenari merasa lebih fres dan tentu agar semakin merangsang kedekatan atau kecocokan kenari jantan dengan kenari betina.
  4. Bisa juga dengan mendekatkan beberapa kenari jantan dengan kenari betina, dengan begitu bisa dilihat mana yang lebih cocok.
Sekian dulu sedikit tips mengenai cara meningkatkan birahi kenari yang bisa kami informasikan kepada sobat semua, semoga apa yang kami tulis di atas bisa bermanfaat dalam menjadikan kenari kesayangan anda naik birahinya. Simak juga artikel lain yang tak kalah seru, yakni seputar "suara kenari"