Cara Menghilangkan Jamur Pada Kaki Burung Kenari

Advertisement
Advertisement
Sobat penghobi burung kenari, pasti anda pernah kan mengalami masalah pada kaki burung kenari, yakni terdapat jamur atau bubul pada sekitar kaki maupun di sela-sela jari kaki? Hal ini tentu akan menjadi sebuah permasalahan tersendiri bagi anda yang sangat menyayangi kenari tersebut, apalagi kenari yang terkena sakit itu termasuk kenari yang gacor atau rajin berkicau (simak: suara kenari), maka tentu akan menyedihkan sekali.

jamur pada kaki kenari

Penyakit jamur yang menyerang kaki kenari seperti bisa timbul karena akibat dari kandang atau sangkarnya yang kurang terjaga kebersihannya. Khususnya pada bagian tangkringan harus selalu bersih, bila tangkringan yang notabene tempat yang selalu diinjak kenari dalam kondisi yang buruk atau sangat kotor, dan terus-menerus dibiarkan, maka bukan mustahil bila kenari terserang penyakit jamur pada bagian kakinya.

Apabila anda ingin agar kenari kesayangan anda tidak mengalami penyakit semacam ini, maka tentu kewajiban menjaga kebersihan seluruh bagian/sudut kandang harus dilakukan. Kebanyakan kandang dan tangkringan kotor karena kotoran kenari itu sendiri ataupun sisa-sisa pakannya yang menempel, ditambah lagi dengan bercampurnya air, sehingga kondisinya lembab, maka hal ini selain menjadikan kenari merasa tidak nyaman juga bisa menimbulkan penyakit, dalah stau penyakit ya jamur di kaki kenari.

Apabila penyakit jamur sudah terlanjur menyerang kenari kesayangan anda, maka segera lakukan perawatan untuk menyembuhkannya. Adapun cara menangani jamur pada kaki kenari bisa anda lakukan dengan beberapa langkah berikut ini.

Langkah-langkah mengobatki penyakit jamur pada kaki kenari adalah sebagai berikut:
  1. Peganglah tubuh kenari secara pelan dan dengan santai hingga kenari merasa nyaman.
  2. Cucu kaki kenari yang jamuran.
  3. Kemudian keringkan, bisa dengan diangin-anginkan ataupun dilap dengan kain.
  4. Selanjutnya olesi kakinya dengan minyak tanah dan tidak usah dilap/ biarkan basah.
  5. Lalu oles dengan obat luar yaitu salep anti jamur, misalnya: Orbird, salep88, dakterin, canestin, dan lainnya.
  6. Semenjak kakinya dikasih salep, maka biarkan hingga 2 hari atau jangan dimandikan.
  7. Setelah 2 haru, cucilah kaki kenari dengan air hangat, basai kembali dengan minyak tanah, olesi salep, begitu seterusnya selama 3 minggu.
  8. Tanda-tanda kaki kenari sudah mulai sembuh yaitu terlihat kakinya yang mengering dan mulai mengeupas, dan insyaallah kenari kembali bersih seperti sedia kala.

Selain penyakit jamur yang sering menyerang kekai kenari, ada juga masalah lain yang juga sering dialami oleh penangkar kenari yang masih berhubungan dengan masalah pada kaki kenari, diantaranya adalah kaki kenari bengkak, kaki kenari patah, kaki kenari digigit nyamuk, dan masih banyak yang lainnya. Dan itu semua perlu adanya perawatan khusus agar kenari kembali normal seperti semula. 

Sebenarnya untuk mencegah timbulnya penyakit jamur pada kaki kenari adalah dengan cara selalu membersihkan kandang kenari secara teratur setiap hari, baik di waktu pagi atau juga di waktu sore, dan lebih bagus lagi bila ketika kita mengetahui ada akan kenari yang berceceran ataupun terdapat sedikit kotoran kenari, bisa langsung dibersihkan, agar kotoran-kotoran tersebut tidak menumpuk dan membusuk.

Demikian sedikit yang dapat kami jelaskan kepada anda mengenai cara menghilangkan jamur pada kaki kenari, semoga apa yang kami bahas kali ini bisa menjadi sebuah informasi tambahan dalam merawat kaki kenari yang jamuran ataupun bisa menjadi sebuah kewaspadaan buat sobat kenari mania yang belum menemui permasalahan yang seperti ini pada kenari kesayangannya.