Cara Mengatasi Suara Kenari Serak

Advertisement
Advertisement
Syarat burung kenari rajin gacor datau mampu nggacor dengan baik adalah kenari yang sehat. Dan tentunya semua penghobi kenari ingin memiliki kenari yang sehat tanpa adanya penyakit apapun. Meskipun demikian, banyak juga penangkar kenari yang menemui kenarinya mengalami gangguan yang aneh pada tenggorokannya, yakni suara kenari yang biasanya normal dan tampil prima, tiba-tiba suaranya terdengar aneh atau bahkan menghilang.

Kejadian seperti ini sering kali dialami oleh burung kenari, baik kenari yang rajin gacor maupun kenari yang biasa saja atau kenari yang masih belajar bunyi. Dan sering kali para kenari mania menanyakan tentang masalah ini, karena mereka mengalaminya sendiri pada kenari kesayangannya yang suaranya serak bahkan sampai suaranya hilang (simak: suara kenari).

gambar kenari sakit tenggorokan

Bagi sobat kenari mania yang mengalami masalaha tersebut, maka diharapkan agar tetap tenang namun segera melakukan sesuatu dengan mencoba memberikan pengobatan pada kenari yang menderita tersebut. Dan dalam mengobatinya pun anda harus mencari informasi yang tepat agar kenari mampu kembali normal seperti sedia kala.

Kami akan mencoba memberikan tips tentang cara mengatasi suara kenari serak untuk anda, dan bisa langsung anda simak informasinya berikut ini:
  1. Coba untuk sementara mengurangi kegiatan menjemur kenari, yakni misalnya yang biasanya dijemur mulai jam 07.00-10.00 dikurangi yakni mulai jam 07.00-09.00
  2. Apabila biasanya anda sering memberikan pakan kenari berupa sawi ataupun kunyit, maka mulai sekarang coba untuk hentikan dulu, karena pakan tersebut menjadikan kenari mudah gemuk dan malas untuk bunyi
  3. Disarankan untuk lebih sering atau memperbanyak pakan yang berupa niger, karena niger termasuk jenis pakan yang mampu menghangatkan kenari, dengan diberi niger maka diharapkan tenggorokan kenari akan merasa hangat serta rasa gatal pada tenggorokannya akan cepat hilang
  4. Dan pengobatan secara tradisional yang sudah banyak digunakan oleh para penangkar kenari adalah dengan cara mengobati kenari dengan terapi yang menggunakan daun binahong.
  5. Beri vitamin alami: OrBird
Demikianlah sedikit tips tentang cara mengatasi suara kenari serak yang dapat kami berikan berdasarkan informasi yang ada serta pengalaman dari para penangkar kenari, semoga kenari kesayangan anda yang sedang mengalami serak pada tenggorokannya bisa lekas sembuh. Jangan lupa juga membaca artkel yang mungkin menarik untuk anda baca yaitu tentang cara mengatasi kenari over birahi.