Cara Mengatasi Burung Kenari yang Over Birahi dan Drop

Advertisement
Advertisement
Burung kenari adalah burung yang tidak hanya digemari oleh orang-orang dari benua Eropa saja, di Indonesia sendiri ternyata sangat banyak sekali kicau mania yang menggemari kenari. Burung kenari atau yang sering disebut dengan istilah Serinus Canaria perawatannya tidak begitu sulit, hanya saja buruh konsistensi dan kesabaran dalam perawatan sehari-harinya. Namun banyak juga yang merasa kesulitan dalam merawat kenari, apalagi bari penggemar kenari yang termasuk pemula (Baca: cara ternak kenari bagi pemula).

gambar kenari over birahi

Sebenarnya banyak sekali yang menjadikan burung kenari sebagai burung hobian atau burung peliharaan yang hanya digunakan sebagai hiasan maupun teman dalam lingkungan rumah, namun seiring zaman, khususnya modern ini banyak sekali kicau mania yang tidak hanya menjadikan burung kenari sebagai burung pajangan, tetapi juga banyak yang menjadikannya sebagai burung kontes/lomba yang diikutsertakan dalam ajang/even perlombaan burung (Baca: cara merawat kenari agar juara lomba). Di sisi lain juga banyak yang menjadikan burung kenari sebagai ladang untuk berbisnis, mengingat semakin banyaknya peminat burung kenari yang tentunya memburu kenari-kenari yang bagus dengan membelinya. Dan tentu juga kenari yang sering kali diikutsertakan dalam perlombaan atau bahkan kenari yang juara lomba tentu harganya sangat mahal sekali (Baca: faktor yang mempengaruhi harga kenari dan daftar harga kenari).

Semua penghobi kenari pasti menginginkan atau memiliki burung kenari yang rajin berkicau atau pandai gacor. Apalagi kenari yang gacor tersebut mampu gacor secara terus-menerus dengan baik dan dalam durasi waktu yang lama (Baca: cara agar kenari berkicau lama). Akan tetapi, ada hal yang tidak menyenangkan adalah ketika burung kenari yang biasanya rajin berkicau dan tampil dengan baik, tiba-tiba males berkicau dikarenakan kenari tersebut sedang dalam kondisi drop atau mungkin sedang over birahi.

Masalah kenari drop maupun kenari sedang over birahi merupakan masalah yang sudah umum dialami oleh penangkar kenari, dan tentu sangat merugikan bila kenari tersebut akan diikutsertakan dalam lomba tetapi malah mengalami hal yang tidak diinginkan. Meskipun begitu, sudah banyak yang berhasil mengatasinya dengan beberapa cara.

Adapun tips dan cara mengatasi kenari over birahi bisa anda simak informasinya berikut ini.
  1. Coba untuk mengurangi pakan yang berupa biji-bijian untuk sementara
  2. Berikan mentimun setiap hari, dan harus konsisten
  3. Berikan daun hijau segar seperti salada secara rutin setiap hari
  4. Sementara jangan berikan pakan kenari seperti: telur rebus, kroto, apel, dan lain sebagainya yang dapat memicu birahi kenari
  5. Berikan suplemen dan multivitamin OrBird.
  6. Mulai dengan mengurangi waktu penjemuran, namun lebih menambahkan frekuensi mandinya
  7. Bisa juga dengan mengawinkan dengan kenari betina

Perlu anda perhatikan juga bahwa dalam masa perkawinan ada hal-hal yang perlu anda urusi, salah satunya yaitu melakukan sesuatu untuk mengurangi resiko kematian kenari (Baca: cara mengurangi resiko kematian kenari).

Cukup sekian penjelasan singkat tentang cara mengatasi kenari over birahi yang bisa kami bahas pada kesempatan kali ini, semoga apa yang kami share kepada sobat kenari mania bisa menjadi sebuah manfaat. Kunjungi juga artikel terbaik lainnya, yaitu tentang "suara kenari".