Cara Mengatasi Burung Kenari Macet / Males Bunyi

Advertisement
Advertisement
Burung Kenari merupakan jenis burung yang digemari banyak orang, karena kenari termasuk jenis burung yang imut, mungil, lucu, dan menggemaskan. Jika  dilihat dari segi kualitas, maka kenari adalah burung yang berkualitas berkat suaranya yang merdu (simak: suara kenari), ditambah lagi dengan jenisnya yanag bermacam-macam dengan keunggulan masing-masing, baik dari segi bentuk maupun warnanya (Baca: macam jenis kenari).

gambar kenari macet bunyi

Jika sebelumnya telah kami bahas sebuah masalah yang terjad pada kenari yakni suara kenari serak, maka untuk kali ini akan membahas tentang cara mengatasi kenari macet bunyi. Banyak juga penghobi burung yang bertanya-tanya, merawat burung kenari apakah susah? dalam hal perawatan sih hampir sama dengan burung lainnya dan bisa dibilang gampang, namun perlu konsistensi serta kesabaran ekstra, dan di sisi lain yang susah adalah ketika menemui masalah-masalah pada kenari kesayangan, entah itu kenari sakit, kenari stress, kenari kakinya bengkak, dan lain sebagainya. Namun jika dari hati sudah hobi dan sangat menyukai kenari, maka tentu halangan dan rintangan apapun akan menjadi masalah yang kecil dan mudah diatasi. Untuk itu bagi sobat kenari mania yang hobi memelihara burung kenari, hal terpenting pertama yang harus dimiliki adalah sayang terhadap kenari anda, dengan cara memberkan perhatian setiap hari mulai dari penjemuran kenari, memandikan kenari, memberi pakan, dan masih banyak yang lainnya.

Sebenarnya banyak juga penghobi kenari yang merawat burung kenarinya tanpa harus dengan perawatan khusus tetapi kenarinya tersebut tampil prima dan sehat selalu. Namun banyak juga penghobi kenari yang merasa kesal katrena sudah bersusah payah melakukan perawatan khusus yang tentunya spesial atau istimewa demi kenarinya tampil prima dan maksimal, tetapi tiba-tiba malah macet bunyi atau malas bunyi. Salah satu faktor eknari malas bunyi bisa juga disebabkan oleh cuaca yang ekstrim dan tidak stabil, sehingga kenari yang tidak mampu menyesuaikan diri dengan kondisi tersebut bkondisinya drop, sehingga kenari malas untuk berbunyi.

Banyak juga penangkar kenari yang menemui kenarinya tiba-tiba macet bunyi dikarenakan kenarinya usai mabung, karena pada masa ganti bulu itu kenari tentunya merasakan kesakitan (Baca: cara merawat kenari mabung). Dan ada juga faktor lain yang menyebabkan kenari macet bunyi, yakni kenari kegemukan (Baca: cara mengatasi kenari kegemukan). Selain itu banyak juga yang berpendapat bahwa kenari macet bunyi juga disebabkan karena kenari tersebut kekurangan nutrisi, sehingga perlu pemilihan pakan yang baik dan berkualitas (Baca: cara meracik pakan kenari supaya gacor).

Dalam hal meerawat kenari tentu harus selalu konsisten dan secara teratur memberikan segala yang diperlukan oleh kenari. Sehingga jika kenari yang kita miliki selalu sehat dan tampil prima, maka tentunya akan laku sangat mahal harganya bila dijual (Baca: faktor yang mempengaruhi harga kenari dan daftar harga kenari terbaru). Oleh karena itu, sebagai penghobi sekaligus penangkar burung kenari, maka kita harus tahu segala hal yang berkaitan tentang burung kenari, khususnya bagi masalah kenari yang sedang malas untuk berbunyi, maka harus tahu cara mengatasinya. Adapun tips dan cara mengatasi burung kenari yang macet berbunyi bisa anda baca info lengkapnya di bawah ini.

Cara mengatasi kenari macet bunyi:
  1. Kurangi penjemuran kenari, kalau bisa untuk sementara lakukan penjemuran selama 1 jam saja ketika pagi hari.
  2. Lebih rajin lagi dengan membersihkan kandangnya agar kenari merasa lebih nyaman.
  3. Berikan sayuran segar.
  4. Tambahkan telur puyuh.
  5. Kalau bisa berikan juga asinan/sotong.
  6. Untuk menambah kekuatan kenari, disarankan memberikan biji fumayin.
  7. Setiap malam kenari harus selalu dikerondong.
  8. Berikan multivitamin OrBird.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara mengatasi kenari macet bunyi kepada sobat penghobi kenari sebagai acuan dalam perawatan kenari yang males untuk berkicau. Semoga tips yang kami berikan bisa membantu anda dalam memulihkan kenari kesayangan anda seperti sedia kala.