Cara Memasangkan Cincin / Ring Pada Kaki Burung Kenari

Advertisement
Advertisement
Burung kenari adalah jenis burung yang bagus dan indah, maka tak aneh bila banyak sekali penggemar burung mungil ini. Burung kenari juga tak jauh beda dengan burung lainnya, dan begitu banyak penghobi burung yang memberikan ring pada kaki burung kicau kesayangannya. Bagi burung kenari, tentu juga boleh saja diberikan, sebagai aksesoris tambahan yang juga menjadikan kenari lebih menarik.

cincin di kaki kenari

Sebagaia penghobi burung kenari yang berpengalaman, tentu kita sering menemui jenis-jenis burung kenari milik orang lain, baik di rumahnya ataupun di area perlombaan. Dan kebanyakan juga menganggap bahwa dengan diberikan cincin atau ring ini bisa menjadi sebuah simbol yang menjadi ciri khas dengan maksud agar lebih mudah dikenal. Untuk pemasangan ring ini kebanyakan juga dipsangkan ketika usia kenari masih muda, atau masih piyek, karena pada usia tersebut kakinya masih kecil, dan mudah dimasuki ring. Namun, untuk pemasangannya harus dilakukan dengan pelan-pelan dan hati-hati agar tidak terjadi lecet pada kakinya. Adapun beberapa tips untuk pemasangan ring pada kaki kenari bisa anda simak selengkapnya di bawah ini.

Cara memasangkan cincin pada kaki kenari dengan aman:
  1. Pemasangan ring sebaiknya dilakukan ketika kenari masih berusia 5 sampai 10 hari.
  2. Ukuran cincin yang dipsangkan harus sesuai atau pas.
  3. Kenari anakan kondisi kakinya terbilang lunak dan mudah patah, jadi harus dilakukan dengan pelan dan hati-hati.
  4. Memasangkan ring pada kaki kenari bisa dilakukan dengan cara menghimpitkan 3 jari depannya, kemudian masukkan ring secara perlahan. Kemudian 1 jari belakang dilipat ke belakang hingga menyentuh kakinya. Lebih jelasnya bisa anda lihat seperti gambar di bawah ini: 
    cara memasang ring di kaki kenari
  5. Apabila ukuran kaki kenari lebih besar, sehingga ring susah masuk, bisa dibantu dengan diolesi lotion ataupun minyak bayi sebagai pelicin untuk mempermudah memasukkan ring. 
  6. Namun, ring juga boleh agak besaran dikit, karena ketika kenari sudah dewasa, kakinya juga sedikit membesar.
Demikian Sobat kicau mania, semoga artikel tentang cara memasangkan cincin pada kaki kenari ini bisa menjadi referensi bagi anda. Sebelumnya, kami juga sempat mengupdate informasi yang tak kalah menarik, yakni seputar: suara kenari dan cara menghilangkan jamur pada kaki kenari.