Tips Cara Memandikan Burung Kenari Yang Baik Dan Benar

Advertisement
Advertisement
Burung kenari termasuk salah satu jenis burung yang suka mandi, dan jika dilihat di habitat aslinya memang kenari gemar mandi. Mandi dapat bermanfaat untuk membuat bulu-bulunya agar tetap bersih, dan badan kenari terasa lebih segar, sehingga kenari semakin semangat, lincah, senang, performanya prima, dan yang disukai para penghobi adalah menjadikannya semakin rajin gacor. Bagi sobat kenari mania yang ingin tahu saat-saat yang tepat untuk memandikan burung kenari, serta berapa lama waktu memandikannya, maka artikel ini sangat tepat untuk anda baca. Sebelumnya sudah pernah kami posting sebuah artikel unik tentang burung kenari yang sedang mandi sendiri (Lihat: video kenari sedang asyik mandi).

memandikan kenari

Apabila burung kenari rajin dimandikan di setiap harinya secara rutin atau teratur, maka membuat kenari tersebut akan lebih sehat serta kondisi bulunya selalu baik. Apalagi bila cuaca terasa sangat panas, maka tentu kenari akan sangat senang dimandikan. Namun, perlu anda ketahui juga bila memandikannya secara terus-menerus dengan durasi yang lama juga kurang baik. Maka dari itu ada waktu-waktu yang tepat untuk memandikan burung kenari kesayangan anda agar selalu sehat dan segar.

Perlu anda ketahui bahwa semua burung kenari terbilang suka mandi dan sangat menikmatinya, hal ini sangat efektif dalam meningkatkan performa kenari. Perawatan kenari dalam hal memandikannya merupakan perawatan yang rutin harus dilakukan setiap hari, tidak hanya memberi pakan lalu membiarkannya. Merawat kenari memang butuh perawatan ekstra serta kesabaran, dan bagi penghobi kenari tentu merawat kenari terbilang sangat menyenangkan. Bagi para pemula mungkin akan berfikir bahwa kegiatan ini sangat melelahkan, tapi jika kita benar-benar hobi, maka tentu kita akan sayang dengan kenari yang kita miliki.

Memandikan kenari sangat bermanfaat bagi kebersihannya, terutama kesehatannya. Untuk itu, bagi kenari mania yang ingin tahu cara memandikan kenari yang baik dan benar bisa anda simak penjelasan berikut ini.

Cara memandikan kenari:
  1. Cara memandikan kenari yang tepat sebenarnya cukup seiakan wadah/tempat mandi khusus untuk burung yang dibeli dari pasar burung terdekat.
  2. Dengan adanya bak mandi khusus ini bisa menjadikan pemiliknya semakind dekat dengan kenari atau kenari menjadi lebih jinak dengan memandikannya langsung secara pelan-pelan.
  3. Memang disdarankan menggunakan bak mandi khusus kenari, tapi boleh juga menggunakan semprotan/ spray, namun hal ini kurang direkomendasikan karena dapat menyebabkan bulu-bulu kenari menjadi kacau dan tidak teratur, bahkan bisa menjadikan kenari ketakutan lompat ke sana- kemari.
  4. Jika sudah dimandikan, langkah selanjutnya tinggal penjemuran saja (Baca: manfaat dan cara menjemur kenari.
Adapun waktu atau saat-saat yang tepat untuk memandikan kenari adalah sebagai berikut:
  1. Pagi hari mulai pukul 07.00 sampai 09.00
  2. Sore hari mulai pukul 15.00 sampai 16.00
Demikian pembahasan kali ini mengenai tips dan cara memandikan kenari yang baik dan benar. Dengan adanya artikel ini diharapkan menjadi wacana dalam perawatan harian burung kenari khususnya perawatan memandikannya. Jangan lupa membaca artikel yang tak kalah menarik lainnya yakni seputar: suara kenari dan karakteristik burung kenari.