Faktor Penyebab Telur Burung Kenari Gagal Menetas

Advertisement
Advertisement
Bagi sebagian besar penangkar kenari yang sedang berusaha membudidayakan kenari tapi menghadapi masalah yakni telur-telur kenari pada gagal menetas, tentu akan menjadikan para penangkar kenari tersebut bingung dan resah. Hal ini menjadi koreksi tersendiri bagi mereka, selain itu juga akan menjadi perhatian bagi setiap orang yang memiliki iniasiatif untuk membudidayakan burung kenari. Dalam hal beternak kenari tentu tidaklah mudah dan instan, namun butuh proses serta kesabaran, karena dalam prosesnya tentu akan ada masalah-masalah yang mungkin akan dihadapi, seperti kenari yang sakit, kenari stres, telur kenari yang gagal menetas, dan masih banyak yang lainnya.

Mungkin sobat kenari mania bertanya-tanya, mengapa telur kenari gagal menetas? sebenarnya apa penyebabnya? Berikut bisa langsung anda simak beberapa faktor penyebab telur kenari gagal menetas.

gambar telur kenari

1. Suhu
Penangkar kenari sering kali menemui telur kenari yang gagal menetas, salah satu penyebabnya adalah kondisi cuaca yang terlalu ekstrim, baik itu suhunya terlalu dingin atau bisa juga terlalu panas, tergantung musim. Apabila sang induk sedang mengerami telurnya, namun terkena intensitas sinar matahari secara langsung dalam jangka waktu yang cukup lama, maka tentu kondisi telur tersebut akan mengalami dehidrasi. Begitu juga dengn suhu yang sangat dingin maka akan menyebabkan lambatnya perkembangan embrio dalam telur, sehingga hal ini dapat menyebabkan telur gagal menetas.

2. Hormon
Apabila induk kenari sedang dalam mengerami telurnya, dan sudah mencapai 5 hari, namun ketika dicek telur terlihat kosong, maka hal ini bisa jadi disebabkan oleh hormon kenari yang kurang matang. Jadi butuh hormon yang baik dan subur pada kenari saat birahi, sehingga ketika proses pengeraman, telur kenari kondisinya normal.

3. Psikologi
Faktor psikologi juga sangat berpengaruh terhadap berhasil atau tidaknya penetasan pada telur kenari. Apabila indukan kenari psikologinya dalam kondisi stress, maka biasanya prilakunya tidak wajar, bahkan sering kali meninggalkan tempatnya atau tidak mengerami telurnya ketika waktunya pengeraman. Sehingga hal ini menjadikan kurang baik terhadap penetasan kenari, dan bisa jadi telur kenari gagal menetas. Memberikan multivitamin juga efektif dalam menormalkan psikologis burung, yakni dengan memberikan OrBird.

4. Penyakit
Biasanya kenari yang kondisinya menurun atau staminanya drop, maka akan mudah sekali terinfeksi penyakit. Apalagi disaat indukan sedang dalam proses mengerami telurnya, tetapi kondisinya sedang sakit maka sering kali indukan kenari meninggalkan telurnya. Sehingga hal ini menyebabkan gagalnya proses pengeraman pada telurnya (baca: penyakit kenari dan perawatan kenari sakit).

5. Stamina
Apabila kondisi indukan kenari terlalu letih/capek, bisa menimbulkan tidak mampu mengeluarkan telurnya dengan sempurna. Stamina yang kurang fit juga bisa menimbulkan kualitas yang buruk pada spermanya, sehingga pada saat perkawinan, tidak bisa menghasilkan telur dengan kondisi yang baik.

Demikianlah beberapa poinpenting seputar telur kenari gagal menetas yang dapat kami share kepada sobat kenari mania, kurang lebihnya kami mohon maaf. Jangan lupa juga membaca artikel yang telah kami ulas sebelumnya, yakni seputar: suara kenari dan burung kenari Stafford.