Ciri-ciri Kenari Stafford (Stafford Canary)

Advertisement
Advertisement
Selamat malam sobat pecinta kenari di Indonesia, pastinya sebagai kenari mania sudah tahu kan jenis kenari Stafford. Burung kenariStafford dalam istilah bahasa Inggris disebut Stafford Canary, dan kenari jenis ini termasuk sebagai kenari yang sangat populer di daratan Eropa. Tahukah anda bahwa Stafford hasil dari perkawinan dari jenis kenari apa? Kenari Stafford dari hasil perkawinan antara kenari gloster dengan kenari merah atau red factor canary, dan dikembangkan oleh kelompok tertentu di Eroopa dyang bernama Deutche Koife yakni tepatnya tahun 1970-an.

Kenari Stafford ada berbagai macam jenisnya berdasarkan bentuk fisiknya ataupun juga bulunya. Jenis kenari Stafford yaitu kenari Stafford berjambul atau yang disebut stafford crested canary dan kenari Stafford yang tidak berjambul atau Stafford non-crested Canary. Banyak juga variasi warna dari kenari jenis ini, diantaranya adalah, warna polos, bon, dan frost. Semenjak tahun 1990-an, kenari Stafford semakin dikenal banyak masyarakat, terutama para penggemar kenari, dan hingga saat ini kenari Stafford semakin populer. Kenari Staffor yang bagus menjadikan banyak kenari mania yang menggemarinya, dan di seluruh dunia cukup banyak yang mengembangkan kenari ini menjadi kenari yang istimewa. Di Indonesia sendiri, banyak juga penangkar kenari Stafford yang berusaha agar kenari ini tetap ada dan selalu di gemari para kenari mania.

gambar kenari stafford

Bila sobat kenari mania belum mengetahui betul karakteristik dari kenari Staffoord, maka bisa anda baca informasi mengenai ciri-ciri kenari stafford di bawah ini.

1. Kepala
Pada umumnya kenari stafford terbagi menjadi 2 jenis yaitu kenari stafford berjambul dan tidak berjambul di bagian kepalanya. Kenari Stafford yang berjambul juga terbagi menjadi 2 macam, yaitu warna jambulnya yang sesuai dengan warna bulu badannya, atau ada juga yang memiliki jambul yang berbeda dari warna badannya, seperti warna uban atau yang disebut dengan istilah grizzled, maupun warna gelap pada jambulnya, dan masih banyak perbedaan warna lainnya.

2. Warna
Ada beberapa warna bulu pada kenari Stafford, diantaranya adalah warna polos tanpa melanin, warna bulu yang ada coraknya, dan ada juga kombinasi warna yang disebut dengan istilah variegated. Melihat bahwa kenari jenis ini memiliki corak warna yang berbeda-beda serta menjadikannya sebagai kenari yang terkenal dengan tampilan warnanya yang bagus, maka kenari Stafford masuk dalam varietas kenari warna.

3. Psikologis
Kenari Stafford termasuk sebagai kenari yang tergolong ceria, sehingga dalam memelihara kenari ini tidaklah terlalu sulit. Sehingga banyak penangkar kenari yang dengan mudah memelihara kenari jenis ini dan mengembangbiakkannya.

4. Ketahanan Tubuh
Kenari Stafford juga memiliki ketahanan tubuh yang bagus, sehingga termasuk dalam golongan kenari yang jarang sakit. Diubandingkan dengan kenari jenis lainnya, kenari ini memang lebih kuat dalam hal ketahanan fisiknya serta mudah beradaptasi dengan kondisi lingkungan.

Perlu anda ketahui bahwa kenari Stafford warna bulunya sangat indah, sehingga jika dalam perlombaan kenari, maka kenari ini masuk dalam kategori kenari warna yang dinilai dari segi keindahan warnanya.

Demikianlah sedikit kumpulan informasi tentang kenari Stafford yang telah kami dapatkan dari berbagai media seputar kenari terpercaya, semoga apa yang kami informasikan tersebut bisa bermanfaat. Jangan lupa mengeunjungi artikel yang menarik lainnya yakni seputar kenari Jambul atau yang sering disebut dengan istilah Crested Canary. Sebelumnya telah kami ulas juga artikel yang tak kalah bagus, yaitu seputar "suara kenari".