Penyebab Mengapa Burung Kenari Senang Tidur di Sarang (Angkrem)

Advertisement
Advertisement
Selamat siang para pecinta burung kenari, kali ini kami akan membahas sebuah kebiasaan aneh yang dialami oleh kenari yaitu kenari senang tidur di sarang. Sering kali para penghobi burung kenari bertanya-tanya mengenai kenarinya yang senang angkrem di sarangnya, khususnya kenari betina yang sudah cukup lama angkrem tapi kok tidak menetas. Nah, hal ini yang menjadikan para kenari mania merasa bingung dan aneh, mengapa kenari betina suka angkrem seperti itu.


gambar kenari angkrem

Sebenarnya itu merupakan pertanyaan yang cukup sulit, tetapi berdasarkan pengalaman kami dan para penangkar kenari yang mengetahui kenari lama angkrem di sarang tapi tidak menghasilkan telur, maka kami coba untuk memindahkannya ke kandang ternak lain. Sehingga dengan mencoba hal seperti ini, alhasil kenari mampu diternak dengan baik.

Padahal burung kenari betina sudah kawin dengan kenari jantan, tapi tidak bertelur juga, malah senang angkrem. Baik kenari yang umurnya tergolong muda ataupun tergolong tua bila suka diam dan angkrem di sarang, maka hal ini kemungkinan ada 2 yaitu tidur dan bertelur. Namun memang yang aneh adalah angkrem tapi tidak bertelur, namun hal yang tidak baik bila kita berusaha agar kenari terus bertelur namun tidak melihat kondisinya atau tidak menyesuaikan kondisinya hingga benar-benar performanya siap untuk bertelur.

Ada beberapa penyebab mengapa burung kenari senang tidur di sarang, diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Kenari betina masih belajar angkrem
  2. Kenari betina afkir
  3. Kenari betina hybrid
  4. Kenari betina yang mengalami gangguan pencernan

Sebenarnya permasalahan yang dihadapi oleh penangkar kenari cukup banyak, dan tidak hanya itu, seperti kenari gagal menetas, kenari tidak mau meloloh anaknya, ada gangguan pernapasan pada kenari, bulu kenari yang rontok, dan masih banyak yang lainnya. Yang pasti diperlukan kesabaran dan ketelatenan dalam beternak burung kenari.

Demikianlah sedikit cuplikan informasi tentang beberapa penyebab burung kenari senang tidur di sarang, semoga apa yang kami bagikan kepada sobat kenari mania, bisa bermanfaat. Jangan lupa juga untuk membaca artikel yang telah kami bagikan sebelumnya tentang: suara kenari dan cara menjinakkan kenari.