Ciri-ciri Kenari Jambul / Mahkota / Crest (Crested Canary)

Advertisement
Advertisement
Selamat malam sobat kicau mania khususnya para kenari mania, pasti sobat kenari sudah tahu kan bahwa burung kenari terbagi menjadi 3 kategori, yakni kenari postur, kenari warna, dan kenari kicau. Kenari postur tentunya memiliki keunggulan dari segi bentuk tubuhnya yang bagus, dan untuk kenari warna juga tampilan warnanya sangat indah dan mempesona, sedangkan kenari kicauan tentu lebih pandai bernyanyi dengan suara yang khas dan merdu.

Apabila sebelum ini kami sudah update informasi seputar burung kenari belgia, maka kali ini kami akan memberi sedikit informasi tentang burung kenari jambul atau yang sering disebut dengan istilah crest atau crested canary. Pasti sebelumnya sobat kenari mania sudah pernah mendengar atau mungkin melihat kenari jambul kan, nah kali ini kami akan sedikit menginformasikan kepada sobat kenari mania yang ingin mengetahui lebih jelas mengenai ciri-ciri kenari jambul.

kenari jambul

Mengapa disebut kenari crest? jika melihat dari namanya saja maka sudah dapat diketahui bahwa crested canary adalah kenari mahkota atau kenari jambul. Pada mulanya kenari jambul disebut dengan istilah Turn Crown dan banyak juga yang menyebutnya dengan istilah King Of The Fancy yang berarti raja fantasi. Pada awalnya kenari jambul ini berasal dari Skotlandia, dan hingga kini kenari jambul semakin menyebar hingga ke seluruh dunia. Bahkan, di Indonesia sendiri kenari jambul cukup populer dan diminati banyak orang khususnya kenari mania.

Jika melihat tampilan fisiknya, maka kenari ini lebih menonjol pada bentuk fisiknya yang unik, karena memiliki mahkota atau jambul sebagai ciri khasnya. Sehingga kenari jambul termasuk dalam varietas kenari postur. Meskipun unggul pada bentuk fisiknya yang mempesona, bukan berarti kenari ini tidak bisa bernyanyi. Banyak juga kenari jambul yang kicauannya bagus-bagus dan dijadikan oleh kenari mania sebagai suara master untuk bahan mastering. Di akhir tahun 1800-an termasuk dalam golongan kenari yang populer dan mahal harganya. Namun, harga yang mahal tersebut menjadikan banyak kenari mania yang berkeinginan untuk memilikinya tapi bermasalah pada budgetnya. Sehingga, kebanyakan kenari mania tajir yang memiliki kenari jambul ini sebagai kenari peliharaannya. Harga kenari jambul saat ini cukup mahal, bisa anda lihat pada artikel kami tentang harga kenari. Adapun ciri-ciri khusus burung kenari jambul bisa anda lihat selengkapnya berikut ini.
  1. Memiliki mahkota/jambul. Mahkota atau jambulnya ini terlihat luas, lebat dan menutupi kepala hingga bagian depan, bahkan sampai menutupi mata.
  2. Badanya cukup besar dan bidang
  3. Kepalanya juga cukup besar
  4. Lehernya pendek dan besar
  5. Bulunya lebih lebat serta lebih tebal jika dibandingkan dengan kenari jenis lainnya

Kenari jambul yang jelas sangat menonjol pada bagian kepalanya yakni mahkota/jambulnya, dan banyak penangkar kenari yang mengembangkan kenari jenis ini dengan cara menyilangkan dengan kenari istimewa lainnya seperti: kenari yorkshire, kenari lancashire, kenari gloster, kenari frill, kenari border, dan masih banyak yang lainnya. Karrena keindahan kenari jambul inilah yang menjadikannya sebagai kenari yang istimewa dan populer di pasaran.

Demikian penjelasan mengenai ciri-ciri burung kenari jambul yang dapat kami share kepada sobat kenari mania melalui postingan kali ini, semoga apa yang kami informasikan kepada anda bisa bermanfaat.