Faktor Penyebab Indukan Kenari Tidak Mau Meloloh Anakan

Advertisement
Advertisement
Hallo sobat pecinta burung kenari Indonesia, selamat malam, kali ini kami akan berbagi informasi seputar burung kenari indukan yang tidak mau meloloh anaknya, dan akan kami ulas beberapa penyebab mengapa indukan kenari bisa seperti itu. Banyak pengalaman dari para penangkar kenari yang mengetahui kenarinya tidak mau meloloh anaknya, sehingga hal ini menjadi sebuah masalah tersendiri bagi sang penangkar kenari. Kemudian dengan terpaksa langkah yang diambil oleh penangkar kenari tersebut adalah dengan mencoba meloloh sendiri anakan kenari dengan tangannya atau yang sering disebut dengan istilah hand feeding. Setelah dicoba, memang sulit dan sangat merepotkan tentunya, selain itu juga anakan kenari tidak berhasil diloloh dengan baik, sehingga kenari tersebut akhirnya mati.

gambar indukan kenari meloloh

Tak hanya di sini saja, di berbagai sekolah peternakan di dunia juga pernah merasakan hal yang demikian, dan mereka juga merasa kesulitan mengalami hal yang seharusnya dilakukan oleh indukan kenari, tetapi justru dengan terpaksa dilakukan oleh sang pemilik kenari. Mengetahui hal itu, sebenarnya apa penyebabnya? ada beberapa kemungkinan yang menjadi faktor yang dapat menyebabkan indukan kenari tidak mau meloloh anakannya, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Karakter dari Indukan kenari
Dari sekian banyak jenis kenari yang ditangkar, ternyata ada salah satu jenis kenari import yang sulit atau kurang bagus dalam hal merawat anakannya, entah itu memang keturunan sejak dahulu, yang pasti karakter indukan kenari jenis ini memang terbilang susah dalam meloloh anakannya. Kenari tersebut adalah kenari Holland, dan ada juga jenis kenari black red yang bisa juga dibilang pintar dalam meloloh anakannya hingga dewasa. Namun banyak juga peternak kenari Holland yang sukses dan lancar, dalam hal ini kenari Holland mampu meloloh anakannya dengan baik, tapi berdasarkan pengalaman yang kami dapatkan memang dari sekian banyak jenis kenari yang dipelihara, jenis kenari Holland masuk dalam kategori yang indukannya sulit meloloh anakannya.

2. Birahi Kenari yang sedang Naik
Sering kali kami menemui serta mendapatkan banyak informasi seputar kenari indukan yang tidak mamu meloloh anakannya karena salah satu sebab yakni birahinya naik. Apalagi disaat kenari indukan betina sedang asik-asik meloloh anakannya,tiba-tiba kenari tersebut mendengar kicauan suara dari kenari jantan, maka bisa jadi kenari indukan akan berhenti meloloh anakannya, kemudian lebih cenderung menanggapi kenari jantan  yang bersuara (simak: suara kenari). Selain itu juga bila kenari indukan sedang mendengar suara kenari jantan, maka bisa langsung menjadikannya resah, dan salah tingkah dengan banyak gerak dan terbang ke sana- ke mari. Jika sobat kenari mania mengetahui hal ini, maka cara yang tepat untuk mengatasinya adalah menjauhkan kenari jantan dari kenari bentia, agar tidak mengganggu kenari betina dalam meloloh anakannya.

Demikianlah sedikit informasi tentang pengalaman dalam hal merawat kenari, semoga sobat kenari mania dapat mengetahui penyebab indukan kenari tidak mau meloloh anakannya. Ada juga informasi menarik lainnya yang masih seputar indukan kenari, yakni dengan judul cara merawat indukan kenari sebelum breeding.