Cara Mengatasi Gangguan Pernapasan pada Burung Kenari

Advertisement
Advertisement
Selamat pagi para penggemar kenari, jika membahas seputar burung kenari, maka salah satu hal yang kita tahu adalah burung kenari termasuk jenis burung yang sensitif. Maka dari itu, diperlukan sebuah ketelatenan serta kesabaran dalam merawat burung kenari. Apalagi bila burung kenari dijadikan sebagai burung ternak, maka usaha keras dalam merawat burung kenari semakin diperlukan. Oleh karena itu, dalam beternak kenari memerlukan keseriusan serta kerja keras dan tentunya juga siap dalam menghadapi segala permasalahan yang terjadi pada burung kenari, misalnya: kenari sakit, kenari kegemukan, kenari jarang berkicau, kenari stres, kenari mabung, telur kenari gagal menetasbulu kenari rontok,  kenari tidak mau meloloh anakannya, dan masih banyak yang lainnya.

kenari sakit pernapasan

Dulu sudah pernah kami bahas dalam sebuah artikel yakni seputar beberapa jenis penyakit yang sering dialami oleh burung kenari. Ada banyak hal yang menjadi penyebab burung kenari mengalami gangguan kesehatan, beberapa penyebab diantaranya adalah: faktor cuaca, faktor lingkungan, pakan yang kurang baik, kondisi sangkar yang kotor, dan masih banyak hal lainnya yang dapat menjadikan burung kenari mudah terserang penyakit. Salah satu penyakit yang sering dialami oleh burung kenari adalah gangguan pernapasan. Jika kenari yang anda miliki sedang dalam kondisi yang kurang baik khususnya mengalami gangguan pada bagian pernapasannya, maka tentu harus segera dilakukan perawatan, dan kami akan mencoba memberikan informasi seputar cara mengatasi gangguan pernapasan kenari yang telah kami dapatkan informasinya dari para penangkar kenari berpengalaman.

Gangguan pernapasan pada burung kenarii tentu menjadikan kenari sulit berusara, jangankan mau berkicau/gacor, berbunyi saja tidak mau karena sakit. Hal ini tentu menjadi hal buruk bagi kenari serta bagi penangkar kenari itu sendiri. Maka dari itu, sobat kenari harus tahu bahwa penyebab yang utama menjadikan burung kenari sakit pernapasan adalah disebabkan oleh virus CRD, yang biasanya diandai oleh gejala bersin-bersin, ngorok, kenari males bunyi atau kenari melempem, oleh karena itu diperlukan perawatan khusus dengan cara berikut ini.
  1. Burung kenari yang terserang virus harus dikarantina sementara waktu dan dijauhkan dari kenari lainnya agar tidak menular
  2. Bersihkan kandang/sangkarnya, pakannya, hingga kerondongnya sekalian
  3. Pastikan pakan kenari betul-betul bersih dan berkualitas
  4. Kebanyakan juga karena air minum kenari yang kotor, maka dari itu berikan air hangat yang bersih
  5. Tambahkan vitamin khusus pada kenari, bagus juga bila diberikan OrBird.

Demikian sedikit informasi yang kami dapatkan dari para penangkar kenari berpengalaman, semoga apa yang kami bagikan ini bisa bermanfaat bagi sobat sekalian, khususnya bagi sobat kenari yang ingin mengetahui tentang cara mengatasi gangguan pernapasan kenari. Baca juga informasi menari lainnya mengenai "suara kenari".