Faktor Keberhasilan / Kesuksesan Ternak Burung Kenari

Advertisement
Advertisement
Sebenarnya cukup banyak yang bertanya seputar masalah yang dihadapi dalam beternak kenari,  mulai dari masalah kenari bulunya rontok, kenari stress, kenari kakinya bengkak, dan masih banyak yang lainnya, dan itu sebagian besar sudah kami bahas dalam blog ini. Dan kali ini kami khusus membahas seputar faktor penting apa saja yang berpengaruh terhadap kesuksesan ternak kenari?

sukses ternak kenari

Dalam usaha ternak burung kenari diperlukan proses, dan dalam proses tersebut yang paling penting adalah kesabaran dan ketelatenan dalam merawat burung kenari, baik mulai merawat kenari dari kecil hingga kenari menjadi dewasa. Dan dalam beternak kenari tidak perlu memaksakan, cukup ikuti alur prosesnya secara alami, tentunya dengan cara yang baik dan benar, maka akan menghasilkan kenari yang bagus dan tentunya sukses dalam beternak atau budidaya kenarii. Misalnya dalam hal mengawiankan burung kenari jantan dan betina, tentunya kita harus tahu apakah kenari tersebut sudah matang usianya apa belum, karena usia juga berpengaruh terhadap kualitas reproduksi kenari. Sebagaimana dengan beberapa pendapat para penangkar kenari, bahwa ada beberapa faktor keberhasilan ternak kenari, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Faktor Usia
Sebagai penangkar kenari tentu harus tahu usia kenari yang ideal itu berapa, berdasarkan pengalaman dari para penangkar kenari, usia yang ideal adalah 6 bulan ke atas bagi kenari betina, dan 8 bulan ke atas bagi kenari jantan. Kebanyakan penangkar kenari tidak sabaran, sehingga memaksakan untuk menjodohkan kenari yang masih berusia 4 bulanan. Hal ini tentu kurang baik dan hasilnya juga tidak efektif. Salah satu alasan mengapa harus usia di atas 6 bulan? karena usia tersebut adalah usia yang matang, baik matang alat reproduksinya maupun matang secara psikologinya.

2. Faktor Kesehatan
Pastikan bahwa kenari indukan yang akan dikwainkan benar-benar performanya bagus dan sehat, sehingga dapat meningkatkan libidonya dengan baik untuk bereproduksi. Berikan pakan yang berkualitas pada kenari, dan bila perlu berikan multivitamin tambahan yang menunjang performa kenari semakin bagus.

3. Faktor Kandang
Meskipun burung kenari tergolong jenis burung yang mudah beradaptasi, namun pemilihan kandang yang teppat akan semnakin menunjang kenyamanan bagi burung kenari itu sendiri. Sebaiknya taruh kenari pada kandang yang dapat melindungi kenari dari segala faktor, baik faktor cuaca, lingkungan, ataupun yang lainnya yang dapat merugikan kenari.

Cukup sekian informasi yang dapat kami sampaikan kepada sobat penghobi kenari tentang faktor keberhasilan ternak kenari, semoga apa yang kami tulis di atas dapat memberikan sebuah manfaat dalam beternak kenari. Jangan lupa juga untuk melihat artikel kami yang lainnya tentang: suara kenari dan penyebab kenari senang tidur di sarang.