Cara Merawat Indukan Kenari Sebelum Beternak (Breeding)

Advertisement
Advertisement
Selamat siang sobat pecinta burung kenari, breeding atau beternak kenari adalah termasuk salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan bagi para pecinta kenari atau kenari mania. Kenari merupakan jenis burung yang saat ini sangat populer di pasaran, karena kenari adalah burung yang indah dan pandai dalam bernyanyi, maka wajar bila kenari sangat diminati oleh para kenari mania. Burung kenari memang sangat ramai di pasaran, bila tidak percaya, coba telusuri di setiap pasar burung, pasti akan menemukan banyak sekali burung kenari dengan berbagai macam jenis yang berbeda-beda.

beternak kenari

Di tahun 2015 ini, permintaan pasar akan burung kenari ternyata sangat tinggi, maka dari itu hal ini tentu juga akan berdampak pada harganya. Jika anda ingin melihat harga burung kenari terbaru, maka silahkan lihat artikel kami yang tentang harga kenari. Nah, tentu hal ini menjadikan banyak penggemar kenari semakin semangat untuk beternak kenari. Bagi anda yang tergolong pemula bisa anda baca artikel lain yang berjudul cara ternak kenari bagi pemula.

Kali ini kami akan mencoba membahas tentang tips dan cara merawat indukan kenari sebelum breeding, karena banyak hal yang harus dipersiapkan agar beternak kenari bisa sukses. Dalam memilih indukan kenari yang baik, tentu yang pertama yang harus diperhatikan adalah usia indukan kenari apakah sudah tepat untuk diternak atau masih tergolong anakan. Dan persiapan lainnya juga harus benar-benar di sediakan saat proses beternak kenari, diantaranya adalah pakan kenari, vitamin kenari, kandang kenari, dan masih banyak yang lainnya. Meskipun poses beternak kenari cukup sulit dan merepotkan, namun bila dijalani akan terasa menyenangkan, karena di sisi lain kita beternak kenari adalah karena hobi. Nah, dengan adanya persiapan dalam merawat indukan kenari sebelum breeding ini, tentu nantinya akan membuahkan hasil yang bagus, contohnya ketika bertelur maka telurnya akan menetas dengan bagus dan juga anakan yang dihasilkan tentunya juga berkualitas. Baca juga penyebab telur burung kenari gagal menetas.

Sebelum beternak kenari, maka ada hal-hal yang perlu anda persiapkan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Kenari harus bebas kutu
Kutu memang merupakan faktor utama yang harus diperhatikan, karena kutu dapat menganggu aktivitas kenari. Bagaimana tidak, jika kutu tersebut terlalu banyak berada di sekitar tubuh kenari, apalagi kutu tersebut menggigitnya, maka kenari dengan terpaksa akan menggaruk tubuhnya tersebut dengan cara mencabuti bulu-bulunya sendiri dengan paruhnya, hal ini menjadikan bulu kenari banyak yang brodol. Ditambah lagi dengan kutu penghisap darah, tentu akan menjadikan kenari semakin merasa tidak nyaman. Selain itu, kutu yang ada di sekitar tubuh kenari juga sangat mudah menular ke kenari lainnya, baik dengan kontak langsung atau tidak. Apalagi bila indukan kenari sedang dalam masa perkawinan, maka bisa dengan mudah menularkan kutu atau parast ke pasangannya. Begitu juga ketika indukan kenari telah menetaskan anaknya, maka juga akan dengan mudah menularkan kutu-kutu ke anakannya. Oleh karena itu, pastikan bahwa indukan kenari terbebas dari kutu apapun, bisa dilakukan dengan berbagai cara pemeriksaan, atau juga dengan dilakukan penyemprotan anti kutu salah satunya dengan OrBird, atau bila perlu bawa ke dokter terdekat (baca: cara menghilangkan kutu burung).

2. Potonglah kuku kenari
Apabila kuku indukan kenari terlalu panjang, maka akan memberikan efek yang kurang nyaman bagi sang kenari itu sendiri. Misalnya ketika kenari sedang berdiri di atas tangkringan, dan pada saat mencengkram tangkringan merasa tidak nyaman, karena kuku terlalu panjang. Begitu juga di saat kenari sedang dalam masa perkawainan, bagi kenari yang kukunya panjang kemudian terlalu agresif, maka dapat melukai pasangannya. Sehingga hal ini akan menjadikan kenari yang terluka tersebut merasa trauma dan susah untuk kawin lagi. Sebaiknya lakukan pemotongan kuku kenari secara teratur misalnya 1 bulan sekali.

3. Membersihkan bulu yang panjang di sekitar kloaka
Mengapa bulu yang berada di sekitar/sekeliling kloaka harus dibersihkan? karena berdasarkan informasi yang kami dapat, bahwa bila ada bulu kenari yang panjang bahkan sampai menjorok dan menutupi kloaka, maka tentu akan menyulitkan kenari jantan saat berhubungan. Karena sperma yang dikeluarkan oleh kenari jantan akan sulit untuk masuk dengan tepat sasaran. Selain itu dengan bulu yang berada di sekitar kloaka bila dibersihkan juga dapat bermanfaat bagi kebersihan kenari  itu sendiri.

4. Berikan kandang kenari yang tepat dan nyaman
Kandang kenari yang kurang nyaman tentu akan menggangu proses mulai dari pengeraman hingga penetasan. Jika sangkar tidak nyaman tentu sang kenari menjadi tidak betah, sehingga menyebabkan kenari mudah meninggalkan sarangnya. Apalagi pada saat penetasan, maka efek buruknya bisa menjadikan anakan kenari mudah sakit dan bahkan mati. Sebaiknya berikan sarang dari bahan yang lembut dan hangat seperti serabut kelapa yang tentu lebih nyaman bagi sang kenari untuk proses pengeraman dan penetasan (baca: cara membuat kandang kenari dan cara membersihkan kandang kenari).

Demikianlah sedikit ulasan mengenai cara merawat indukan kenari sebelum breeding, semoga apa yang kami tulis di atas dapat berguna bagi sobat kenari mania. Silahkan simak juga artikel lain yang tak kalah menarik yang berjudul "suara kenari".