Cara Mengatasi Burung Kenari Saat Sakit Flu / Pilek

Advertisement
Advertisement
Selamat malam wahai sobatku para kenari mania yang ada di seluruh wilayah di Indonesia, saat ini musimnya adalah musim penghujan, kondisi cuaca yang ekstrim serta suhu udara yang dingin tentu memberikan efek tersendiri pada setiap binatang peliharaan yang kita miliki, terutama bagi burung kenari. Memang musim penghujan menjadi berkah tersendiri bagi semua orang,  namun di sisi lain ada efek yang kurang baik bagi kenari yang memiliki daya tahan tubuh yang rendah. Tentu kenari tersebut akan mudah/gampang sakit, sehingga hal ini menjadi perhatian khusus bagi para penangkar kenari yang mengetahui kenarinya dalam kondisi yang kurang baik.

gambar kenari sakit pilek

Dan yang perlu anda ketahui bahwa pergantian dari musim kemarau ke musim penghujan atau yang disebut musim pancaroba kondisi cuaca sangatlah ekstrim, jadi hal ini akan lebih berpengaruh terhadap kondisi kesehatan kenari. Jika kondisi kenari sedang tidak fit atau performanya kurang bagus, maka virus-virus maupun bakteri jahat akan mudah menyerang, sehingga kenari akan mudah sakit. Dan salah satu penyakit yang sering menyerang burung kenari ketika musim hujan adalah Flu atau pilek. Maka dari itu bagi kenari kesayangan anda yang sedang sakit flu/pilek, maka harus segera ditangani dengan cara sebaik mungkin, agar kenari kembali fit dan sehat.

Jadi tidak hanya berpengaruh pada kesehatan manusia saja, burung pun juga mendapatkan efeknya. Apabila burung kenari sedang sakit flu atau pilek, maka harus segera diobati agar tidak terlanjur parah, bahkan hingga menyebabkan mati bila sampai teramat parah. Maka dari itu, perlu adanya perawatan yang tepat pada burung kenari yang mengalami flu tersebut. Ada beberapa tips tentang cara mengatasi kenari pilek, diantaranya adalah sebagai berikut:

- Sebelumnya kita harus tahu terlebih dahulu tentang gejala burung kenari sakit pilek sebagai berikut:
  1. Kenari nafanya kurang lancar, ditambah dengan adanya bunyi
  2. Kenari sering bersin-bersin dan batuk
  3. Di bagian hidungnya terdapat cairan
  4. Matanya sayu, dan terdapat berair
  5. Kenari kelihatan lemas dan tidak seperti biasanya yang tampil fit dan lincah, ketika sakit kenari lebih banyak diam dan nekukruk karena kedinginan
  6. Males makan karena nafsu makannya berkurang
  7. Ketika hujan, kenari bulunya megrok atau mengembang

- Apabila sudah mengetahui tanda-tanda di atas, maka segera lakukan penanganan dengan cara sebagai berikut:
  1. Segera jauhkan burung kenari yang sakit dari burung yang lain agar tidak menular
  2. Letakkan kenari di dalam rumah atau ruangan yang tertutup
  3. Jangan lupa juga tutupi sangkar dengan kerondong
  4. Bila perlu tambahkan lampu bohlam 5 watt agar kenari merasa hangat
  5. Untuk pakan maupun minum berikan seperti biasanya
  6. Sebaiknya berikan juga multivitamin yang berungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh kenari (Baca memilih vitamin yang bagus). OrBird juga bagus menjadi vitamin pilihan untuk meningkatkan imunitas.
  7. Untuk sementara kenari jangan dijemur maupun dimandikan hingga kondisinya benar-benar fit
  8. Jangan pula diperdengarkan suara burung lain hingga benar-benar sehat kondisinya
- Adapun tandanya burung kenari kesayangan anda telah pulih, adalah sebagai berikut:
  1. Biasanya dalam waktu 1 minggu kenari yang hidungnya berlendir sudah mulai mereda bahkan hilang
  2. Burung terlihat aktifd kembali dengan banyak gerak
  3. Matanya kembali tajam dan tidak sayu
  4. Jika suhunya dingin, maka burung kenari sudah tidak mengembangkan sayapnya lagi, karena merasa tidak kedinginan lagi
Cukup sekian penjelasan mengenai cara mengatasi kenari sakit pilek, semoga apa yang kami jabarkan di atas bisa memberikan wacana yang tentunya bermanfaat bagi kita semua. Baca juga artikel sebelum ini yang telah kami update dengan sebuah judul: suara kenari dan cara melatih mental kenari.