Cara Mengatasi Burung Kenari Kurus (Nyilet)

Advertisement
Advertisement
Banyak sekali dari para kenari mania yang mengeluhkan burung kenari kesayangannya yang postur tuuhnya dianggap tidak ideal karena terlalu kurus. Dan tahukah anda bahwa kenari yang terlalu kurus sering disebut dengan istilah "Nyilet". Karena sangat kurus hingga tulang-tulangnya terlihat, dan yang menonjol adalah pada bagian tulang dadanya. Kurusnya tubuh kenari terntunya juga akan berpengaruh buruk terhadap dirinya, karena kondisi yang kurus tidak terdapat banyak lemak, sehingga susah mengatur suhu yang ekstrim atau dingin seperti sekarang ini di musim hujan.

gambar kenari kurus

Jika kondisi tubuh kenari  terlalu kurus, maka wajar bila terlihat sangat nyilet dan ringkih. Maka dari itu, harus segera dilakukan penanganan agar Tidak heran kakenari kembali normal seperti sedia kala atau tidak kurus lagi. Apabila kondisi tubuh kenari yang teramat kurus ini tidak segera di atasi, maka akan berpengaruh negatif terhadap fungsi-funsgi tertentu dalam tubuhnya, seperti: fungsi metabolisme, fungsi pada sistem reproduksi, dan bahkan sampai meniadakan potensi suaranya yang bagus (baca: suara kenari).

Sebenarnya kondisi nyilet atau kurusnya badan kenari adalah disebabkan karena perawatan kenari itu sendiri yang kurang tepat ataupun mungkin kurang maksimal khususnya dalam hal pemberian nutrisi, jika burung kenari kekurangan nutrisi dan vitamin, maka wajar saja bila kenari tersebut menjadi kurus.  Ada juga penyebab lain yang dapat menjadikan kenari itu menjadi kurus, yaitu kenari cacingan. Karena di dalam tubuh kenari terdapat cacing yang kemudian berkembang biak di dalam saluran pencernaan, sehingga cacing tersebut  mengisap semua sari-sari makanan yang seharusnya didistribusikan ke seluruh tubuh kenari.

Selain itu juga ada kemungkinan lainnya yang dapat menjadi penyebab kenari menjadi kurus, yaitu adanya infeksi bakteri pada bagian pencernaan, sehingga hal ini dapat merusak atau menghambat fungsi pencernaan yang seharusnya berjalan dengan normal, namun karena infeksi yang menjadikan makanan tidak tercerna dengan sempurna, sehingga makanan yang dimakan burung tersebut tidak mampu menghasilkan sar-sari makanan, dan bahkan malah ikut keluar bersama kotoran.

Dan bisa jadi juga karena faktor lain yakni faktor kandang yang terlalu kecil, sehingga kenari kesulitan untuk bergerak yang tentu dalam hal ini akan berpengaruh terhadap perkembangan ototnya. Jika ototnya tidak dilatih dengan banyak gerak, maka otot tersebut akan mengkerut dan tidak dapat mengembang, sehingga kenari terlihat kurus dan kecil.

Dari beberapa faktor yang telah kami jabarkan di atas, maka ada beberapa cara untuk mengatasinya, diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Jika kemungkinan kenari karena kekurangan gizi, maka yang harus dilakukan adalah dengan usaha perbaikan pada kualitas pakannya, sebaiknya berikan pakan-pakan yang penuh nutrisi, atau banyak mengandung protein, vitamin, karbohidrat, dll (Baca: memilih multivitamin yang bagus untuk kenari).
  2. Jika kemungkinnya karena cacing, maka harus diberikan obat cacing untuk membunuh cacing-cacing yang ada dalam bagian pencernaan kenari, beri OrBird sebagai obat anti cacing sekaligus multivitamin.
  3. Jika karena bagian pencernaan tidak berfungsi dengan baik akbita infeksi bakteri, maka bisa juda diberikan obat khusus mengatasi infeksi pencernaan.
  4. Jika disebabkan karena kandangnya yang tidak standar atau kekecilan, maka segera ganti dengan kandang yang sesuai (Baca: cara membuat kandang kenari).
Cukup sekian artikel yang membahas seputar cara mengatasi kenari kurus yang dapat kami share kepada sobat kenari mania yang mungkin sedang mengalami masalah tersebut, semoga informasi yang kami share ini bisa berbuah manfaat bagi anda. Mungkin anda sedang mencari info tentang kenari berkicau, maka silahkan baca artikel lain tentang cara agar kenari berkicau lama.