Cara Agar Burung Kenari Mampu Berkicau Lama

Advertisement
Advertisement
Burung kenari merupakan salah satu jenis burung yang pandai dalam bernyanyi, dan dalam menyanyikan lagu kenari mampu menyanyikan lagu dengan waktu yang relatif lama. Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para kicau mania yang kagum dengan burung kenari dengan suara yang merdu dan dinyanyikan dengan waktu yang lama (simak: suara kenari). Tentu bagi kenari mania memiliki kenari yang suka berkicau merupakan kebanggan tersendiri, maka dari itu banyak sekali kenari mania yang memburu burung kenari yang rajin gacor siang malam.

gambar kenari berkicau

Burung kenari yang nggacor adalah adalah salah satu tanda bahwa kenari tersebut adalah kenari yang bagus dan berkualitas. Dan masih banyak faktor lain yang menjadikan kenari itu berkualitas, mulai dari bentuk fisiknya yang unik, warnanya yang indah, dan lain sebagainya. Dan dalam ajang perlombaan burung kenari juga ada banyak penilaian, baik dari segi suara, fisik, warna, dll. Namun kali ini kami fokus membahas seputar burung kenari yang mampu berkicau/bernyanyi lama.

Tentu anda bertanya-tanya, bagaimana sih caranya agar kenari mampu berkicau dengan baik dalam jangka waktu yang lama? Sebenarnya ada salah satu faktor yang menjadikan kenari mampu tampil prima dan gacor, yaitu dari segi kualitas penjemuran kenari. Jika penjemuran dilakukan secara tepat dan teratur, maka akan menghasilkan kenari yang sehat dan prima. Selain itu juga ada faktor lain  yakni faktor pakan kenari harus berkualitas, karena pakan yang mengandung gizi tinggi menjadikan kenari semakin sehat dan semakin senang untuk gacor. Dan yang tak kalah penting adalah kebersihan kandangnya harus benar-benar terjaga, jangan sampai kandang kenari kotor dan jarang dibersihkan, karena kandang yang kotor menjadikan kenari merasa tidak nyaman dan gampang terserang penyakit.

Intinya adalah syarat utama kenari rajin gacor adalah kenari yang sehat. Nah, jika kondisi kenari sudah sehat, maka langkah selanjutnya adalah melakukan suatu agar kenari berkicau lama. Berdasarkan pengalaman para penangkar kenari, agar kenari mampu bernyanyi lama adalah dengan memandikan kenari dan menjemurnya secara rutin setiap hari, yakni ketika pagi hari selama 1 hingga 2 jam, mulai dari jam 8 pagi hingga jam 10 pagi. Untuk waktu maksimalnya adalah selama 4 jam, dan itu tergantung kondisi kenari. Tambah juga penjemuran sore hari, yakni setelah ashar hingga jam 4 sore (Baca: cara menjemur kenari). Dengan adanya penjemuran kenari secara rutin dan teratur inilah yang menjadikan nafas kenari semakin terlatih, dan fisiknya semakin kuat, sehingga kenari mampu bernyanyi dengan durasi waktu yang lama. Perlu diperhatikan juga kandang kenari, jangan terlalu kecil agar kenari bisa bergerak dengan lebih leluasa, sehingga semakin melatih kekuatan pernapasannya (Baca: cara membuat kandang kenari).

Nah, jika kita memiliki burung kenari yang rajin berkicau dan mampu berkicau dengan durasi waktu yang lama, maka sudah barang tentu akan menjadikan kenari tersebut harganya mahal (Baca: harga kenari). Maka dari itu agar kenari mampu berkicau dengan baik, maka harus selalu dijaga kesehatannya dengan memberikan pakan yang berkualitas dan ditambah dengan multivitamin  (Baca: memilih vitamin yang bagus untuk kenari), bagus bila diberikan OrBird. Apalagi di musim hujan saat ini, kondisi cuaca sangatlah ekstrim, sehingga banyak sekali burung kenari yang mudah sakit, terutama sakit pilek, maka dari itu harus segera diatasi (Baca: cara mengatasi kenari sakit pilek)

Demikian sedikit tulasan dari kami tentang cara agar kenari berkicau lama, semoga tulisan ini dapat menjadi sebuah wawasan bagi anda.