Tips Merawat Burung Kenari di Musim Hujan Agar Tidak Mudah Sakit

Advertisement
Advertisement
Sekarang ini merupakan musim hujan, dan hampir setiap hari terjadi hujan. Apabila kondisi seperti ini berjalan dalam jangka waktu yang lama tentu akan menjadikan suhu udara menjadi lebih dingin dan suasana lingkungan sekitar yang lembab. Ditambah lagi dengan terik matahari yang jarang menyinari bumi ini, tentu akan menambah suasanya menjadi tidak cerah.

kenari kedinginan

Maka dari itu kenari mania harus mewaspadai kondisi yang seperti ini, karena kondisi di musim hujan seperti ini juga dapat mempengaruhi kesahatan burung kenari yang kita miliki. Biasanya burung kenari performanya menurun atau kurang fit, sehingga menyebabkan kenari menjadi malas bunyi atau disebut dengan macet bunyi, bahkan bisa juga burung lebih rentan sakit. Bagi burung kenari yang tidak biasa dengan kondisi cuaca yang dingin, tentu akan berdampak buruk bagi burung tersebut. Oleh karena itu perlu adanya perawatan khusus pada saat musim penghujan seperti sekarang ini. Adapun hal-hal yang harus dilakukan dalam merawat burung kenari, diantaranya adalah sebagai berikut.

Membersihkan kandang Kenari
Kandang kenari harus tetap bersih dari berbagai kotoran, karena kondisi yang lebab pada kandang kenari dapat memicu timbulnya berbagai jenis penyakit seperti jamur, virus, dan bakteri. Bila perlu lakukan penyemprotan desinfektan atau obat anti bakteri.

Jangan terlalu sering memandikan kenari
Memandikan burung kenari harus menyesuaikan kondisi cuaca, tapi jangan terlalu keseringan karena kondisi yang dingin, jika kenari dipaksakan untuk dimandikan maka bisa menyebabkan kenari menjadi sakit.

Lakukan penjemuran ketika ada terik matahari
Pada musim hujan biasanya jarang ada terik matahari, karena cuaca yang selalu mendung dan gelap. Nah, ketika ada kesempatan yakni ada sinar matahari, maka lakukan penjemuran secukupnya, karena penjemuran bermanfaat dalam menjaga kekebalan tubuh kenari agar kenari tetap segar dan tidak loyo.

Perbanyak porsi makanan EF
Bila perlu tambahkan 1 hingga 4 jangkrik, atau juga bisa ulat hongkong sebagai makanan tambahan yang mana jenis pakan tersebut bersifat panas, jadi bermanfaat untuk menghangatkan badan kenari. Jangan sampai memberikan EF terlalu banyak, karena pemberian pakan yang berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan kenari

Mengerodong Kenari
Jika kondisi cuacanya dingin ataupun di waktu malam hari, maka lakukan pengerondongan agar kenari tidak merasa kedinginan.

Berikan obat kenari
Obat kenari yang terbuat dari bahan alami dapat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh kenari menjadi lebih kuat. Salah satu obat dan multivitamin yang cocok untuk diberikan pada kenari, salah satunya adalah OrBird.

Cukup sekian penjelasan mengenai tips merawat kenari ketika musim penghujan, jadi silahkan terapkan tips-tips yang telah kami bagikan kepada anda untuk merawat kenari anda supaya tetap sehat. Silahkan baca juga artikel tentang kenari lainnya yakni berjudul: suara kenari dan faktor yang mempengaruhi harga kenari.