Perawatan Burung Kenari yang Sakit

Advertisement
Advertisement
Bagi sobat kenari mania yang saat ini kenari kesayangannya dalam kondisi sakit dan anda bingung mau berbuat apa, maka tenang saja karena pada postingan kali ini akan mengulas tentang perawatan pada kenari yang sakit. Burung kenari merupakan salah satu jenis burung yang karakternya mirip dengan burung Beo yaitu termasuk burung yang cerdas, terbukti bahwa burung kenari mampu menirukan suara burung lainnya (baca: suara kenari). Sehingga banyak perlombaan yang mengikutsertakan burung kenari sebagai burung lomba yang kini menjadi trend di kalangan masyarakat luas khususnya bagi para penggemar burung atau yang disebut kicau mania.

kenari sakit

Adapun persamaan antara burung kenari dengan burung jenis lainnya adalah ketika kenari sedang sakit, burung ini lebih cenderung menyembunyikan kondisinya tersebut. Hal ini disebut dengan siklus pertahanan diri. Burung yang menyembunyikan kondisi tubuhnya yang sakit itu tidak lain adalah bertujuan untuk menunjukkan bahwa dirinya tetap dalam kondisi bugar, karena biasanya predator lebih suka memangsa burung yang kelihatan lemah termasuk juga burung yang kelihatan sakit. Sehingga burung yang menyembunyikan penyakitnya ini supaya terhindar dari incaran para predator buas.

Maka dari itu, bagi anda yang merawat burung kenari sebagai burung peliharaan di rumah, tentu harus tahu betul apakah kenari kesayangan anda itu dalam kondisi sakit, atau pura-pura sehat? Kepekaan anda menjadi hal yang penting sebagai penentu kelangsungan hidup kenari, karena apabila anda terlambat mengetahui kenari anda sedang sakit, tentu hal ini akan menimbulkan kondisi yang lebih fatal karena menangani kenari yang sakitnya parah tentu lebih sulit. Agar burung kenari kesayangan anda mampu bertahan hidup, maka lakukan tindakan penyelamatan secepat mungkin dengan baik dan benar. Adapun tanda-tanda kenari dalam kondisi sakit bisa diantaranya sebagai berikut:
  1. Terjadi perubahan yang signifikan pada bulu kenari, terlihat lebih lecet dan kusam.
  2. Bulu kenari yang terletak di leher terlihat bergerak-gerak seperti gemetaran.
  3. Kenari matanya sering tertutup, atau terlihat mengantuk.
  4. Kenari yang sakit biasanya lebih pasif atau lebih banyak diam daripada bergerak maupun berkicau.

Apabila keempat tanda-tanda di atas terjadi pada kenari kesayangan anda, maka lakukan perawatan sesegera mungkin sebelum terlambat. Adapun perawatan kenari sakit bisa anda simak langkah-langkahnya berikut ini:
  1. Anggaplah burung kenari kesayangan anda seperti bayi, sehingga membutuhkan perawatan yang ekstra serta perhatian yang lebih. Apabila kenari tidak mau makan, maka suapilah dengan lembut dan sabar seperti menyuapi bayi. Kemudian berikanlah makanan favorit kenari seperti: biji sawi, telur puyuh rebus, dan buah buahan segar seperti apel merah dan lain sebagainya.
  2. Berikan minuman segar yang bersih, bila perlu air yang sudah matang atau sudah dimasak, kemudian campurkan dengan obat maupun vitamin supaya daya tahan tubuh pada kenari lebih kuat dari serangan penyakit. Sangat bagus bila diberi obat dan vitamin OrBird, karena obat ini terbuat dari bahan-bahan herbal, sehingga tanpa efek samping.
  3. Berikan suatu penghangat pada kenari khususnya di musim dingin ataupun di waktu malam hari, salah satunya dengan memberikan lampu di dekatnya sebagai penghangat. Tutup lampu dnegan penutup yang gelap agar kenari bisa istirahat dengan nyaman dan tidak terganggu dengan cahaya lampu tersebut.
  4. Pastikan kenari berada di lingkungan yang aman dan nyaman, yakni terhindar dari segala keramaian yang bisa mengganggu bahkan mengancam psikologi kenari kesayangan anda.

Cukup sekian sedikit penjelasan singkat tentang perawatan kenari yang sakit, semoga dengan tips yang kami berikan bisa membantu anda dalam merawat kenari yang sedang sakit. Selain mengatasi kenari yang sakit, ternyata banyak juga yang mencari informasi seputar cara mengatasi kenari yang kegemukan.