Cara Mengatasi Kenari yang Kegemukan

Advertisement
Advertisement
Salah satu permasalahan yang sering dialami oleh peternak/penghobi kenari yaitu kegemukan pada burung kenari. Cara mengatasinya sebenarnya tidaklah sulit, namun kebanyakan para kenari mania merasa kesulitan karena minimnya pemahaman akan masalah seperti ini, bahkan banyak juga yang frustasi karena kenari yang kegemukan miliknya itu justru malah jarang berkicau atau disebut dengan macet bunyi. Sebenarnya ada banyak masalah yang menyebabkan kenari macet bunyi, tidak hanya karena kegemukan saja, bisa anda baca artikel kami lainnya tentang penyebab kenari jarang berkicau.


kenari kegemukan

Salah satu hal yang menjadi penyebab mengapa burung kenari menjadi kegemukan adalah kesalahan perawatan ketika kenari dalam kondisi mabung. Maka dari itu perlu juga informasi mengenai cara merawat kenari mabung. Kebanyakan kejadian seperti ini yaang menjadikan kenari kegemukan adalah karena disaat kenari dalam proses mabung, maka terlalu banyak atau berlebihan dalam memberikan asupan pakan seperti: telur, biji-bijian, disertai dengan minimnya kegiatan penjemuran pada burung kenari. Sehingga hal ini yang menjadikan penumpukan lemak dalam tubuh kenari, maka tidak aneh bila kenari menjadi gemuk. Terlalu banyak lemak yang tertimbun dalam tubuh kenari tentu akan memberikan efek negatif pada kenari, terkhusus pada kenari jantan, maka akan menjadikannya semakin malas berbunyi. Apabila kondisi kegemukan ini terjadi pada kenari betina, maka efek negatifnya adalah kenari betina akan sulit atau tidak mau bertelur.

Ada beberapa tips ampuh atau terapi untuk mengurangi kegemukan pada burung kenari kesayangan anda, yaitu berupa terapi buah-buahan dan sayur-sayuran serta untuk mengurangi pemberian efek EF telur yang berlebihan. Untuk lebih jelasnya bisa anda baca tips selengkapnya tentang cara mengatasi kenari kegemukan berikut ini.
  1. Sebaiknya letakkan kenari pada sangkar yang ukurannya jauh lebih besar dan luas dengan tujuan agar kenari semakin aktif serta gemar untuk terbang, sehingga pada saat kenari aktif terbang, maka saat itulah terjadi proses pembakaran lemak dalam tubunya. Jangan lupa menyediakan minimal 2 tangringan di dalam kandang kenari. Silahkan baca artikel tentang cara membuat kandang kenari.
  2. Hentikan sekarang juga pemberian pakan biji-bijian atau EF. Sebagai gantinya adalah dengan memberikan pakan berupa sayur-sayuran serta buah-buahan yang banyak tentunya juga disesuaikan dengan kondisi, dengan maksud agar dapat membantu atau memperlancar proses pembakaran lemak dalam tubuh kenari. Terkhusus pada buah apel harus dibuang kulitnya, karena tidak baik bagi kenari jika dikonsumsi dalam jangka panjang.
  3. Tambahkan vitamin OrBird dalam air minum untuk menjaga stamina kenari agar tetap fit. Bisa juga dengan menambahkan satu sendok teh madu murni agar kenari tampil semakin prima.
  4. Tambahkan Grit dalam sangkar kenari sebagai pendukung proses ini, selain itu juga bisa mencegah timbulnya berak kapur pada kenari. 
  5. Bisa juga dengan meletakkan pakan sayuran berupa kol, sawi putih, dan sejenisnya pada sisi kiri tangkringan, kemudian taruh juga pakan berupa buah-buahan pada sisi kanan tangkringan.
  6. Kemudian letakkan Grit pada sisi kanan tangkringan, dan Cepuk minum pada sisi kiri tangkringan.

Demikianlah sekilas tentang cara mengatasi kenari kegemukan yang tentunya berdasarkan pengalaman sobat kenari mania. Terapi seperti ini akan memberikan hasil yang baik kurang lebih selama 10 hari apabila dilakukan secara rutin. Kemudian bila kenari sudah rajin berkicau, maka boleh untuk ditambahkan pakan berupa biji-bijian serta EF dengan takaran yang sedikit, hingga benar-benar menyesuaikan kondisi kenari seperti sedia kala. Jangan lupa juga mengunjungi artikel kami yang telah dipublikasikan sebelumnya seputar: suara kenari dan harga kenari merah.