Ciri-ciri Kenari Border lengkap dengan Gambar dan Keunggulan

Advertisement
Advertisement
Sebagai kenari mania tentunya sudah mengenal dong karakteristik kenari ini. Sebagai sesama kicau mania tentunya harus saling berbagi informasi, dan kali ini informasi yang kami bagikan adalah seputar burung kenari jenis border. Mungkin sobat kenari mania termasuk salah satu penggemar kenari ini kan? kalau iya tentu ingin tahu lebih jelas mengenai ciri-ciri dan keunggulan burung kenari border. Mengapa disebut border? Bagi sobat kenari mania yang penasaran, langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

gambar kenari border

Kenari Border atau Border Canary disebut kenari border karena kenari jenis ini berasal dari daerah perbatasan, selain itu kenari ini juga termasuk kenari dari perbatasan yang tergolong mewah dan istimewa. Jika dilihat dari namanya saja menunjukkan bahwa kenari ini memiliki ciri khas tersendiri yang menjadikannya dianggap istimewa dan digemari banyak orang. Nama burung kenari border sebenarnya diambil dari sejarahnya serta perkembangannya. Lebih jelasnya kenari ini didapat dari daerah perbatasan antara Inggris dengan skotlandia. Kenari border juga memiliki ciri-ciri dengan bentuk tubuh yang relatif lebih kecil dari jenis kenari pada umumnya. Panjang tubunya rata-rata mencapai 14 centi meter saja, maka dari itu kenari ini dianggap kebanyakan orang yakni kenari kecil tapi berkelas. Berbeda dengan burung kenari yorkshire ataupun kenari american singer yang memiliki bentuk tubuh cukup jangkung dan besar.

Kenari border atau kenari perbatasan ini mempuanyai beberapa ciri khas yang mudah dikenal para pecinta kenari. Kenari ini memiliki body yang mungil dan sangat indah, sehingga kebanyakan dalam ajang perlombaan kenari, maka kenari border dilombakan dengan kategori varietas kenari postur. Bahkan jika melihat sejarahnya, kenari ini banyak yang menyebutnya dengan istilah "Wee Gem" karena kenari ini posturnya kecil/mungil dan kuat. Selain kecil dan kuat, juga tampilannya sangat indah. Kenari border kebanyakan warnanya kuning, tapi ada juga yang berwarna putih, hijau, kayu manis, dan lain sebagainya.

Jika sobat kenari mania pernah melihat film tweety, maka akan tahu bahwa burung kecil berwarna kuning yang ada di film itu adalah kenari border. Dalam film tersebut, kenari ini selalu dikejar-kejar oleh kucing. Terlihat jelas karakter burung kenari border dalam film itu, yakni bentuk tubuhnya yang kecil, lincah, dan terlihat sangat indah.  Banyak juga yang menganggap bahwa burung kenari border dari segi fisik mirip dengan kenari gloster, namun yang membedakan adalah bentuk kepalanya.

Burung kenari border memiliki suara yang cukup bagus, serta cukup mudah untuk dimaster dengan berbagai suara masteran. Bagi sobat yang ingin mendapatkan suara masteran kenari, maka bisa anda dapatlkan beberapa suara masteran kenari, diantaranya adalah suara kenari yorkshire, kenari holland, kenari f1, kenari spanish timbrado, dan lain sebagainya. Bagi sobat yang belum tahu cara memaster, bisa anda baca artikel tentang cara memaster burung kenari.

Karena kenari border merupakan jenis kenari yang mudah dilatih atau dimaster, berhubung juga memiliki suara yang bagus, maka tak sedikit yang mengikutsertakan kenari ini dalam beberapa even/kontes kenari. Lagu kenari ini khas dengan nadanya yang berombak, sehingga terdengar sangat merdu dan memukau. Sehingga wajar bila kenari yang satu ini menjadi incaran para kicau mania khususnya pecinta burung kenari. Dari segi perawatan, kenari border juga cukup mudah dan hampir sama dengan perawatan burung kenari pada umumnya.

Bagi sobat yang ingin tahu lebih detail mengenai karakter burung kenari dalam kehidupannya sehari-hari yang harus diperhatikan adalah berikut ini.
  1. Kenari border tipe kenari pemalu
  2. Tidak cocok bila ditempatkan dalam satu kandang bersama burung lain, seperti: parkit, lovebird, dan juga hookbills karena ketiga burung tersebut termasuk burung yang bertipe agresif sehingga dapat menjadikan kenari border down ataupun stress.
  3. Bisa diternak dengan kenari jenis lainnya.
  4. Kenari jenis ini termasuk kenari yang gemar mandi, jadi jangan lupa sediakan wadah atau tempat yang berisi air untuk mandi. Bisa anda lihat video kenari yang sedang mandi.
  5. Lingkungan sekitar kenari jangan terlalu dingin, lembab/basah, dan berangin, karena kurang bagus terhadap performa maupun kesehatan kenari.
  6. Ketika melakukan penjemuran, maka sediakan juga tempat yang agak teduh buat kenari ini.
  7. Kandang kenari beserta tangkringannya harus selalu dibersihkan tiap hari, agar kenari terhindar dari berbagai penyakit yang diakibatkan oleh bakteri, jamur, kuman, maupun virus.

Bagi sobat yang ingin melihat langsung gambar kenari border, maka di bawah ini adalah terdapat beberapa gambarnya.

kenari border
kenari border
kenari border
kenari border

Mungkin cukup sekian dulu sedikit ulasan seputar burung kenari Border yang bisa kami sampaikan kepada sobat kenari mania. Kami ucapkan banyak terima kasih atas kesediaan anda dalam mengunjungi blog budidaya kenari ini.