Ciri-ciri Kenari Berner (Berner Canary)

Advertisement
Advertisement
Selamat malam sobat pecinta kenari, Tahukah anda bahwa ada salah satu jenis kenari yang terbilang istimewa dan tergolong dalam varietas kenari langka. Kenari tersebut adalah burung kenari Berner atau dalam bahasa Inggrisnya disebut Berner Canary. Kenari Berner merupakan jenis kenari yang memiliki darah keturunan kenari Yorkshire. Konon katanya memang banyak yang menganggap bahwa nenek moyang dari kenari Berner adalah kenari Yorkshire. Meskipun demikian, kenari Berner tak setenar/sepopuler kenari Yorkshire.

Di Indonesia sendiri kenari berner bisa dibilang langka atau susah ditemukan, karena penyebaran kenari ini terbatas. Kenari berner pada mulanya dikembangkan di wilayah Eropa, tepatnya di negara Swiss yakni pada tahun 1880. Mungkin anda bertanya-tanya, apa sebenarnya keistimewaan yang ada pada burung kenari ini? Salah satu keistimewaannya adalah memiliki bentuk/postur tubuh yang gagah, mirip dengan kenari Yorkshire. Namun banyak juga perbedaannya, yang tentu akan kami ulas beberapa ciri-cirinya dalam artikel ini.

gambar kenari berner

Sebenarya kenari Berner cukup dikagumi banyak orang karena memiliki banyak ciri yang tentunya berbeda dari jenis kenari lainnya. Jika sudah mencari informasi tentang kenari berner, maka akan tahu bahwa kenari ini sebenarnya cukup banyak penangkarnya, baik hanya sebagai koleksi pribadi maupun sebagai ladang bisnis yang menjanjikan. Namun begitu, sekarang ini banyak kenari mania yang merasa kesulitan menemukan kenari jenis ini di pasaran lokal.

Jika dilihat dari posturnya, maka sudah jelas bahwa kenari ini lebih unggul daripada jenis kenari lokal. Kenari berner panjang tubuhnya mencapai 16 hingga 17,5 cm. Bagi sobat kenari mania yang ingin tahu lebih lengkap mengenai ciri-ciri burung kenari Berner, maka bisa anda simak info selengkapnya berikut ini.
  1. Kenari berner posturnya gagah menyerupai kenari Yorkshire
  2. Suaranya lantang
  3. Panjang tubunya sekitar 16 hingga 17,5 cm
  4. Dadanya busung
  5. Punggungnya panjang
  6. Bahunya kekar dan menonjol
  7. Bulu sayapnya cukup panjang
  8. Bulu ekornya juga panjang
  9. Warnanya ada yang kuning, lipocromo merah, bon, dan isabel
  10. Suaranya lantang dan nyaring/merdu
  11. Kicauannya ngerol panjang
  12. Mentalnya bagus, sangat cocok buat lomba kenari

Dari beberapa ciri-ciri serta keunggulan kenari Berner yang telah kami jelaskan di atas, tentu ada juga beberapa kekurangan dari jenis kenari ini. Adapun letak kekurangan pada kenari berner adalah pada kenari kelamin betinanya. Mengapa demikian? alasannya karena kenari berner betina termasuk kenari yang susah atau tidak pintar dalam merawat anaknya. Sehingga para penangkar kenari banyak yang berinisiatif untuk meloloh kenari berner anakan dengan tangannya sendiri.

Demikianlah sedikit informasi yang bisa kami update pada kesempatan kali ini, bagi sobat penggemar kenari, tetaplah bersama blog ini untuk mendapatkan informasi seputar burung kenari. Jika kali ini membahas seputar ciri-ciri kenari Berner, maka sebelum artikel ini sudah kami bahas juga seputar: suara kenari dan ciri-ciri kenari Cinnamon.