Penyebab dan Cara Mengobati Kaki Kenari yang Bengkak

Advertisement
Advertisement
Salah satu jenis penyakit yang sering kali menyerang pada burung kenari adalah kaki bengkak, dan ini berbeda dari penyakit yang menyerang pada burung jenis lain. Bagi penangkar kenari tentu sudah biasa melihat kenari yang dipelihara mengalami penyakit seperti ini, tapi yang menjadi masalah adalah bagi para penghobi kenari yang termasuk pemula, maka tentu akan kebingungan untuk mengatasinya. Biasanya kaki bengkak pada kenari lebih banyak terjadi pada bagian jari kaki tengah dan bagian lutut bagian belakang.

kaki kenari bengkak

Bumble Foot merupakan istilah yang disebutkan bagi kenari yang menderita penyakait kaki bengkak. Sedangkan orang jawa sendiri menyebutkan kaki kenari yang bengkak tersebut dengan sebutan Bubul. Dan kebanyakan orang menganggap bahwa faktor penyebab kaki bengkak pada kenari adalah lebih pada faktor eksternal jika dibandingkan dengan faktor internal. Setelah kami teliti dari berbagai sumber, dapat kami simpulkan bahwa sebagian besar kebengkakan pada kaki kenari disebabkan karena jamur atau bakteri yang menyerang kenari karena kurangnya perhatian mengenai kebersihan pada kenari sendiri maupun kandang kenari. Berikut selengkapnya tentang penyebab kaki kenari bengkak:

  1. Sangkar kenari kotor dan terdapat banyak kotoran yang lama tidak dibersihkan.
  2. Kenari mengalami obesitas atau kegemukan.
  3. Kenari sering kali mengkonsumsi pakan yang mengandung tinggi serat.
  4. Tangkringan kenari yang tidak pas/sesuai, baik kebesaran atau mungkin kekecilan.
  5. Kemungkinan burung sedang sakit ginjal
  6. Kurang gizi juga bisa menjadi penyebab
  7. Tangkringan yang kotor juga bisa menjadi penyebab, karena kaki kenari tidak terdapat bulu, jadi rentan terserang penyakit.

Sekarang anda sudah mengetahui beberapa penyebab kebengkakan pada kaki burung kenari, dan selanjutnya akan kami informasikan kepada anda mengenai cara mengatasi kaki bengkak pada burung kenari. Adapun cara mengatasinya, bisa anda simak penjelasannya berikut ini:
  1. Lakukan pemberasihan pada kaki kenari yang bengkak dengan menggunakan air hangat hingga benar-benar bersih.
  2. Lalu usapkan minyak tanah pada kaki yang bengkak dan biarkan hingga mengering.
  3. Oles kaki yang bengkak dengan salep anti jamur. Dalam proses ini biarkan hingga 2 sampai 3 hari dan jangan dimandikan dulu.
  4. Selanjutnya kembali dengan mencuci dengan air hangat dan mengoleskan minyak tanah.
  5. Sebaiknya lakukan beberapa langkah di atas hingga kaki kenari benar-benar sembuh.

Solusi lainnya bisa mengganti minyak tanah dengan OrBird, karena oba ini sangat efektif dalam mengobati penyakit luar sekaligus dalam, dan sebagai multivitamin untuk kesehatan burung.

Demikianlah sedikit informasi seputar penyebab kaki kenari Bengkak serta cara mengobatinya, semoga apa yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat bagi anda yang memiliki kenari dengan masalah seperti di atas. Selain penyakit kaki yang bengkak pada kenari, ternyata ada juga penyakit kenari lain yang telah kami ulas sebelumnya, yakni tentang: suara kenari dan cara mengatasi kebotakan pada kenari.