Faktor Apa Saja yang Mempengaruhi Harga Kenari ?

Advertisement
Advertisement
Burung kenari memang terdiri dari berbagai macam jenis yang tentunya sangat beragam, baik dari varietas kenari lokal maupun kenari import. Melihat jenis-jenis kenari yang beragam, tentu harganya juga beragam pula, mulai dari kenari yang harganya murah hingga kenari yang mahal. Nah, yang perlu sobat kenari ketahui bahwa harga kenari kadang naik dan kadang juga turun, dan naik turunnya harga kenari tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor yang tentunya akan kami  bahas pada kesempatan ini. Lalu faktor apa saja yang mempengaruhi harga burung kenari di Indonesia? Silahkan simak informasi selengkapnya di bawah ini.

gambar burung kenari

Asal muasal burung kenari merupakan faktor penentu apakah kenari itu mahal atau murah. Jadi, harus dilihat dulu apakah kenari berasal dari luar negeri (import) atau dari dalam negeri (lokal)? nah, pada umumnya burung kenari lokal lebih murah jika dibandingkan dengan harga burung kenari import. Mungkin anda bertanya-tanya dan ingin tahu jenis kenari import itu apa saja? kenari import ada banyak sekali terutama yang populer di Indonesia diantaranya adalah kenari yorkshire, kenari gloster, kenari frill, kenari roller, kenari rusia, kenari lizard, dan masih banyak yang lainnya.

Mengapa kenari lokal lebih murah harganya? karena jelas bahwa kenari lokal mudah di temukan di Indonesia, dan pengiriman antar wilayah juga tidak terlalu banyak biaya jika dibandingkan dengan kenari import yang susah ditemukan dan pengirimannya pun membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Selain wilayah yang menentukan harga jualnya, ada juga hal yang tak kalah pentingnya yaitu berkenaan dengan kualitas burung kenari, karena semakin  bagus kualitasnya maka semakin mahal pula harga pasarannya.

Namun tak semua burung kenari import semuanya mahal, maka dari itu kualitas burung menjadi faktor utama. Apabila kenari import kualitasnya buruk, maka tentu kenari lokal yang kualitasnya bagus akan lebih mahal harganya. Yang menjadi faktor selanjutnya adalah faktor keturunan, jika kenari dihasilkan dari indukan yang asli biasanya lebih mahal dari hasil persilangan. Namun tak semua begitu, jika indukan kenari yang bagus kemudian silangkan maka hasilnya pun akan bagus, nah kenari dari hasil tersebut juga harganya cukup mahal.

Nah, salah satu contoh kenari dari keturunan asli lebih mahal yaitu kenari yorkshire asli/murni harga jualnya bisa beberapa kali lipat dari kenari f1 yorkshire dari hasil persilangan. Adapun faktor yang lain adalah Tren. Kenari yang ngetren saat ini adalah kenari hasil persilangan, seperti  kenari AF dan kenari F1, keduanya merupakan kenari dari hasil persilangan yang akhir-akhir ini menjadi buruan atau incaran para penggemar burung kenari di Indonesia. Nah, dengan adanya tren seperti inilah yang menjadikan kenari tersebut harganya cukup melejit di pasaran.

Sebelum membeli burung kenari, tentu harga pasaran kenari terkini menjadi salah satu hal yang harus diketahui agar tidak terjadi kesalahan dalam memilih kenari yang diinginkan, tentu sebagai pembeli ingin memiliki kenari dengan harga yang murah. Tetapi, murah tidaknya kenari dipengaruhi beberapa faktor yang telah kami jelaskan di atas. Dan yang terpenting adalah mengetahui kenari yang berkualitas itu seperti apa, sehingga bisa menyesuaikan harga dengan kualitasnya.

Cukup sampai di sini dulu pembahasan kali ini tentang faktor yang mempengaruhi harga kenari, semoga apa yang kami tulis di atas bisa bermanfaat. Jangan lupa juga untuk membaca artikel lainnya seputar: suara kenari lengkap dan suara kenari lizard yang bagus dan unik, tentu sangat cocok buat memaster kenari kesayangan anda.