Cara Merawat Kenari agar Juara Lomba

Advertisement
Advertisement
Selamat pagi sobat pecinta kenari, dari sekian banyak orang yang membaca blog ini tentu dapat dipastikan bahwa sebagian besar adalah para penghobi burung kicau kenari. Kami yakin, bahwa burung kenari merupakan salah satu jenis burung yang paling laris dan terpopuler saat ini, melihat begitu banyaknya para kenari mania yang selalu antusias dan berbagai acara perlombaan yang diadakan di setiap daerah. Dan jika dilihat dari 2tahun terakhir, memang kenari menjadi salah satu burung primadona yang semakin digemari oleh para kicau mania.

Banyak yang menyukai kenari selain dari kepintarannya dalam berkicau dan keindahan fisiknya, ternyata harga kenari juga mempengaruhi. Dari beberapa tahun terakhir, harga kenari memang terbilang mahal, tapi tetap stabil, meskipun naik ataupun turunnya tidak terlalu drastis. Tetapi itu juga kembali kepada setiap jenis kenari yang pastinya harganya berbeda-beda, bagi kenari yang lagi tren, maka harganya juga bisa sangat mahal. Apalagi bagi kenari juara lomba, maka harganya bisa berlipat-lipat dan tentunya sangat mahal jika dibandingkan dengan kenari biasa.

gambar kenari juara lomba

Mengingat harga burung kenari juara lomba harganya sangatlah mahal, maka tentu hal ini yang menjadikan para kenari mania bersemangat dalam menjadikan kenari kesayangan sebagai kenari jawara. Sehingga tak heran bila di setiap even perlombaan kenari, semakin banyak peserta kenari yang turut berpartisipasi. Maka dari itu, bagi para penghbi kenari yang ingin menjadikan kenarinya sebagai kenari jawara, maka berikut kami bagikan beberapa tips dan cara merawat kenari agar juara lomba.

Kenari yang bagus untuk lomba tentu harus dipilih dari hasil keturunan kenari yang bagus dan berkualitas. Kenari yang bagus dan berkualitas tentu perawatannya juga bagus dan secara tepat setiap harinya. Bagi sobat yang bingung memilih kenari yang tepat, bisa anda baca mengenai tips memilih kenari yang bagus untuk lomba. Perawatan kenari biasa dengan kenari lomba juga tentunya berbeda dari kenari biasa, dan untuk kenari lomba perlu perawatan khusus serta tambahan pelatihan yang berupa mastering kenari. Dengan adanya perawatan khusus untuk lomba, maka diharapkan kenari tersebut dapat tampil prima. Yang perlu sobat garis bawahi adalah salah satu kunci keberhasilan adalah pemilik kenari sudah mengenal dengan baik karakter kenari yang dipilih dan akan dilombakan.

Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan sebelum lomba kenari, diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Pada H-6 sebelum lomba, kenari yang akan dilombakan sebaiknya dikarantina dan dijauhkan dari suara kenari lain atau jenis burung lainnya, dengan tujuan agar sang kenari merasa tenang dan nyaman, khususnya agar lebih fokus.
  2. Pada H-3 sebelum lomba, lebih bagus diberikan kroto dan buah apel secara bergantian.
  3. Pada H-2 sebelum lomba, menjemur kenari hanya 30 menit saja, kalau bisa jangan sampai lebih dari 30 menit.
  4. Pada saat 1 jam sebelum lomba, sebisa mungkin diberikan telur puyuh 1 hingga 2 biji. 
Sedangkan tips yang bisa dilakukan setelah lomba kenari, sebaiknya lakukan beberapa tips di bawah ini.
  1. H+1 setelah lomba, berikan multivitamin yang dicampurkan ke dalam minumannya, salah satu multivitamin yang bagus adalah OrBird.
  2. Lakukan kegiatan menjemur kenari hanya 30 menit saja hingga H+3.
  3. H+4 dan seterusnya sudah bisa dilakukan perawatan harian seperti biasanya.
Demikian beberapa tips dan cara merawat kenari agar juara lomba yang bisa kami bahas dalam postingan ini. Semoga sobat kenari mania yang berniat untuk mengikuti perlombaan kenari, bisa memperhatikan beberapa tips di atas. Dan semoga sobat kenari mania mampu menjadikan kenari kesayangannya sebagai kenari juara.