Manfaat dan Cara Menjemur Burung Kenari

Advertisement
Advertisement
Hallo, selamat malam sobat penggemar kenari, tentu bagi sobat kenari mania sudah biasa dalam hal merawat burung kenari, terutama pada saat melakukan kegiatan menjemur kenari. Dalam merawat kenari yang baik dan benar, proses penjemuran merupakan salah satu hal yang penting dan perlu diperhatikan beberapa teknik atau cara yang tepat. Dan sebenarnya menjemur kenari memiliki manfaat tersendiri yang tentu sangat bagus dalam menunjang kesehatan kenari agar selalu sehat dan tampil prima. Karena terik matahari di pagi hari memberikan manfaat yang sangat besar bagi kenari, salah satunya adalah menjadikan kenari semakin lincah dan tetap segar.

gambar menjemur kenari

Khususnya, pada kegiatan penjemuran pada kenari akan memberikan manfaat yang bagus dari sinar ultraviolet. Jangankan sekedar burung, manusia saja sangat perlu membutuhkan sinar ultraviolet untuk menjaga kondisi tetap sehat dan bugar atau agar tidak mudah sakit-sakitan. Karena makhluk hidup yang kekurangan sinar matahari akan menyebabkan dirinya gampang sakit.

Sebelum kami share beberapa tips dan teknik dalam menjemur burung kenari, maka terlebih dahulu silahkan baca seputar manfaat menjemur kenari berikut ini.
  1. Burung lebih stabil, apalagi di musim hujan seperti sekarang ini, maka sangat bermanfaat dalam menghangatkan tubuh kenari.
  2. Sinar matahari dapar bermanfaat dalam membunuh kuman penyebab penyakit.
  3. Kaya akan vitamin D yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang kenari.
  4. Membantu proses pembakaran lemak, atau lebih tepatnya dapat mengurangi berat badan kenari.
Adapun beberapa teknik dan cara menjemur kenari bisa anda simak selengkapnya di bawah ini.

Teknik/Cara Menjemur kenari
Jika dalam proses penjemuran maka teknik yang paling tepat adalah dengan membuka kerondong yang menutupi kandang kenari, yang pasti jangan sampai mengerondongnya, karena jika dikerondong kenari akan merasa kepanasan. Jika tanpa kerondong, maka sinar matahari akan secara langsung diterima oleh tubuh kenari, selain itu juga kenari dapat menghirup udara segar, dan ditambah dengan hembusan angin sepoi yang menambah kenyamanan tubuh kenari.

Saat Penjemuran
Sebaiknya saat yang tepat memulai penjemuran kenari adalah ketika pagi hari, bila perlu semenjak belum terbit fajar, karena pada saat itu udara masih sangat segar dan belum terkontaminasi oleh udara kotor dari kendaraan. Yang pasti jangan sampai menjemur kenari hingga lebih dari jam 10, karena ketika jam 10 ke atas kondisi sudah terlalu panas, dan tentunya tidak bagus bagi kenari.

Menjemur kenari sebelum atau sedudah dimandikan
Ketika pagi hari, sebaiknya angin-anginkan terlebih dahulu kenari, karena pada saat itu kenari juga sedang dalam menata bulu-bulunya yang kusut. Nah, jika kondisi bulunya sudah terlihat rapi, maka boleh langsung dimandikan. Jika sudah dimandikan, bisa langsung dilakukan penjemuran, dan waktu penjemuran disesuaikan dengan kondisi cuaca apakah sudah terlalu panas atau belum. Biasanya jam 10 ke atas, kondisi sudah terlalu panas bagi sang burung kenari. Dan saat sore hari tepatnya jam 4 sore, kenari bisa langsung dimandikan, kemudian diangin-anginkan, lalu dijemur di bawah terik matahari senja (Baca: cara memandikan kenari).

Demikianlah sekilas informasi mengenai cara menjemur kenari, semoga informasi yang kami bagikan di atas bisa bermanfaat bagi sobat kenari mania. Jangan lupa juga melihat sedikit ulasan lainnya tentang burung kenari Berner dan suara kenari yang telah kami bagikan sebelumnya.