Tips Cara Mengatasi Burung Kenari yang hanya Ngeriwik

Advertisement
Advertisement
Bagi sobat kenari mania yang sedang memelihara burung kenari kesayangan, bila usianya sudah mencapai 7 hingga 8 bulanan, maka tentunya yang diinginkan adalah kenari tersebut senang berkicau/ rajin gacor/ rajin berbunyi. Pada usia tersebut, burung kenari biasanya sudah tergolong dewasa, sehingga sudah saatnya untuk gacor. Namun, yang menjadi masalah adalah ketika usia kenari sudah mencapai 7 bulanan atau bahkan lebih dari itu, tetapi masih ngeriwik saja, maka tentu akan menjadikan pusing bagi pemiliknya. Sebenarnya itu merupakan masalah lama yang sering kali dialami oleh para penangkar kenari.

kenari ngeriwik

Berdasarkan pengalaman kami bahwa burng kenari memiliki tahapan tersendiri yang berkaitan dengan kemampuannya untuk berbunyi. Biasanya kenari yang masuk usia 5 bulan aka belajar berkicau dengan sedikit suara yaitu ngeriwik ataupun bergumam. Kemudian jika usia kenari sudah memasuki 6 bulan, maka suaranya akan ngerol meski sering kali terputus-putus. Nah, kalau kenari sudah berumur 7 bulan ataupun lebih, maka seharusnya kenari sudah rajin berkicau atau sangat senang gacor dengan variasi suara yang dimiliki, tentunya juga dari suara isian master berperan penting terhadap variasi suara kenari.

Apabila kenari kesayangan anda yang seharusnya sudah lancar berkicau tetapi masih ngeriwik, maka bisa anda coba beberapa tips cara mengatasi kenari ngeriwik berikut ini:
  1. Sebaiknya pastikan terlebih dahhulu bahwa kenari yang ngeriwik tersebut adalah kenari jantan, karena syarat kenari gacor adalah kenari jantan. Apabila sudah diketahui bahwa kenari anda jenis kelaminnya jantan, maka langkah selanjutnya adalah merubah pola atau metode perawatan yang anda lakukan setiap harinya. Bagi anda yang belum tahu cara membedakan kelamin kenari, maka silahkan baca artikel tentang cara membedakan kenari jantan dan betina.
  2. Tingkatkan kegiatan memandikan pada kenari anda, yang biasanya hanya mandi sehari sekali, maka tingkatkan menjadi 2 kali sehari yaitu pagi dan sore.
  3. Penjemuran pada kenari juga perlu ditingkatkan, yakni pagi hari bisa dimandikan 1 hingga 2 jam dan maksimal hingga jam 10, karena jam 10 terik matahari sudah mulai panas. Kemudian sore hari bisa dilakukan penjemuran kurang lebih selama 30 menit hingga 1 jam saja, karena sore hari suhu udara sudah mulai dingin.
  4. Ketika kenari sedang dalam proses penjemuran atau angin-anginan, maka berikan juga beberapa makanan yang berupa sayur-sayuran maupun buah-buahan segar. Karena sayur atau buah-buahan yang segar mengandung nutrisi yang cukup tinggi dan berguna untuk menghilangkan dahak yang mungkin ada di dalam tenggorikan kenari. Karena dahak juga termasuk salah satu faktor yang menjadikan suara kenari menjadi pelan atau lirih, sehingga terdengar ngeriwik.
  5. Tambahkan bijian hitam dan niger seed dalam pakan kenari yang biasanya anda berikan kepada kenari, dengan tujuan agar merangsang birahi kenari.
  6. Sebaiknya 2 minggu sekali, berikan telur rebus dan salada.
  7. Faktor obesitas atau kegemukan pada kenari juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab kenari ngeriwik. Adapun solusi untuk mengatasinya adalah memanage porsi makan yang tepat dan tidak berlebihan, lakukan penjemuran selama 3 jam di waktu pagi, dan taruh kenari di dalam sangkar umbaran yang besar dengan ukuran sekitar 1,5 x 2 meter. Bagi sobat yang belum tahu cara membuat sangkar kenari, maka bisa anda baca artikel yang berjudul cara membuat kandang kenari. Adapun solusi tentang tips mengatasi kegemukan pada kenari, maka bisa juga anda buka artikel yang berjudul cara mengatasi kenari yang kegemukan.
  8. Tips selanjutnya adalah dengan cara mendekatkan kenari yang ngeriwik dengan kenari yang rajin gacor/berkicau dengan suara kicauan yang keras dan lantang, dengan tujuan agar kenari yang ngeriwik terangsang untuk berbunyi mengikuti bunyi kenari yang gacor tersebut.
  9. Tambahkan suplemen dan multivitamin untuk burung kicau, OrBird bisa menjadi pilihan yang tepat.

Demikianlah sedikit tips mengenai cara mengatasi kenari ngeriwik, semoga apa yang kami muat dalam postingan ini bisa bermanfaat bagi anda sekalian. Informasi tambahan, bahwa saat ini musimnya adalah musim hujan, dan banyak kenari yang sakit akibat cuaca yang dingin dan ekstrim, maka dari itu, artikel tentang tips merawat kenari di musim hujan mungkin juga bermanfaat bagi anda.