Cara Mengatasi Kebotakan pada Kenari

Advertisement
Advertisement
Penangkar kenari sering kali menemui berbagai permasalahan pada burung kenari, salah satunya yaitu terjadinya kebotakan pada kenari. Masalah seperti ini sepertinya menjadi masalah yang biasa, karena penangkar kenari sudah biasa menangani masalah seperti ini. Biasanya burung kenari yang telah memproduksi dua atau tiga kali akan mengalami masalah seperti ini, bahkan bulu yang rontok tidak diselingi dengan bulu yang tumbuh lagi.

burung kenari botak

Ada beberapa hal yang dapat memicu timbulnya masalah kebotakan pada burung kenari, diantaranya adalah karena adanya tungu atau kutu, kemudian terjadinya infeksi pada kulit karena jamur ataupun bakteri, dan ada juga yang disebabkan karena burung kenari mengalami stres berat sehingga birahinya muncul secara berlebihan sampai kenari melucuti bulu-bulunya sendiri. Serta juga bisa dikarenakan kenari kekurangan zat iodium dalam tubuhnya.

Karena pada umumnya, kenari yang jarang mendapatkan pakan yang mengandung iodium menjadi salah satu penyebab kenari botak, maka dari itu perlu tambahan iodium secukupnya pada makanan yang diberikan pada burung kenari kesayangan anda. Jika pemberian iodium memang cukup disesuaikan dengan pola pakan yang tepat setiap harinya, maka tentu akan tumbuh bulu-bulu jarum pada bagian tubuh kenari yang rontok ataupun botak.

Ada beberapa cara dalam memberikan atau menambahkan iodium pada pakan burung kenari, diantaranya adalah berikut:
  • Sediakan tulang sotong terlebih dahulu, kemudian parutkan tulang sotong tersebut dan ditambahkan ke pakan kenari seperti: buah-buahan atau sayuran hijau yang akan diberikan kepada kenari. Tulang Sotong maupun Tulang Tiram mengandung  iodium yang cukup tinggi dan tentunya sangat bermanfaat dalam menambah kalsium dan iodium pada kenari.
  • Apabila tips di atas masih belum menunjukkan khasiatnya, maka bisa dilanjutkan dengan tips  berikutnya yaitu dengan menambahkan suplemen mineral yang mengandung banyak kalsium, iodium, kalium, fosfor, dan seluruh zat yang dibutuhkan dalam mengembalikan kenari seperti sedia kala sebelum mengalami kebotakan. Dengan tambahan suplemen yang mengandung zat-zat tersebut dapat merangsang tumbuhnya bulu-bulu pada kenari yang mengalami kebotakan., 
Apabila tips-tips di atas sudah diterapkan, tapi setelah 3 minggu belum menunjukkan adanya pertumbuhan bulu jarum kenari, maka bisa jadi hormon yang menjadi persoalannya, atau bisa juga persoalan lain seperti beberapa faktor berikut:
  1. Bisa jadi karena kenari kekurangan nutrisi, karena banyak juga argumen dari kicau mania yang mengatakan bahwa kenari yang kurang nutrisi juga bisa menyebabkan kenari mengalami kebotakan.
  2. Biasanya pada indukan kenari yang sedang dalam proses meloloh pakan untuk anakan, maka akan mengalami kerontokan pada bulu-bulunya.
  3. Seperti yang telah kami jelaskan di atas bahwa bakteri/tungu, jamur juga bisa menjadi faktor yang menyebabkan kerontokan pada bulu kenari, sehingga hal yang harus dilakukan untuk megobatinya adalah dengan cara mengkarantina dulu kenari tersebut, kemudian disemprot dengan obat-obatan atau OrBird, selain itu juga dilakukan penyemprotan pada sangkarnya dengan tujuan agar kenari beserta kandangnya terhindar atau bersih dari bakteri, parasit/jamur dan sejenisnya. 
  4. Serangan tungau juga bisa menjadi salah satu kenari mengalami stres, hingga terjadi kebotakan. Bila kenari terinfeksi tungau, maka usaha penyembuhan adalah langkah yang utama hingga kenari benar-benar sehat dari serangan tungau tersebut.

Pada umumnya kenari yang botak pada bagian kepala jika tidak segera diatasi, maka akan menjalar hingga keleruuh tubuhnya. Maka dari itu, bila terindikasi kebotakan pada kenari, maka segera lakukan tindakan yang tepat, salah satunya dengan membawanya ke dokter hewan terdekat untuk segera dilakukan pengecekan serta pengobatan.

Demikian sedikit ulasan singkat mengenai cara mengatasi kebotakan kenari, semoga tips tips yang telah kami sebutkan di atas bisa menjadi salah satu wacana dalam mengatasi kenari yang bermasalah terutama masalah kebtakan. Selain tips mengatasi kebotakan kenari, ada juga tips sebelumnya tentang: suara kenari dan cara mengatasi kenari ngeriwik.