Apa Itu Perbedaan Kenari YS, AF, AFS, Lokal, Loper, Impor, F1, F2, F3, dan F4

Advertisement
Advertisement
Sebagai penghobi burung kenari, tentu tidak asing lagi dengan istilah-istilah pada burung kenari seperti: Loper, impor, lokal, F1, F2, F3 dan sebagainya. Namun banyak juga yang masih kebingungan untuk membedakan istilah-istilah tersebut, apalagi bagi penghobi kenari yang masih pemula tentu akan merasa kesulitan dalam membedakannya. Kami akan coba memberikan sedikit penjelasan mulai dari istilah F yaitu keturunan. Sedangkan untuk F1 adalah keturunan ke satu, F2 adalah keturunan kedua, dan F3 adalah keturunan ke tiga, begitu seterusnya. Lalu mengapa ada istilah keturunan seperti itu?

kenari f1

Istilah tersebut menjadi salah satu penyebutan yang lebih tepat yang berdasarkan persilangan antara burung kenari jenis satu dengan jenis kenari lainnya. Salah satu contoh: pada umumnya burung kenari F2 merupakan perwakilan dari perkawinan antara kenari Yorkshire dengan F1. Saat ini di Indonesia, burung kenari dari hasil persilangan inilah yang semakin diminati banyak orang kemudian menjadi tren positif yang menghasilkan keturunan yang berkualitas. Tentu sangat bagus pula kenari ini diikutsertakan dalam ajang perlombaan kenari.

Sebenarnya istilah-istilah seperti F1, F2, F3 dan seterusnya digunakan di daerah perkotaan, namun seiring dengan bergulirnya waktu, maka saat ini di Indonesia, istilah tersebut makin populer dan bahkan menjadi salah satu jenis burung kenari yang banyak dicari. Bagi sobat kenari mania yang masih awam dan belum tahu perbedaan kenari Af dan F1 maupun istilah kenari lainnya, maka akan kami berikan sedikit penjelasan buat anda.
  • Kenari YS: Istilah YS merupakan singkatan dari YorkShire, yaitu kenari impor yang berasal dari Inggris. Kenari ini menjadi indukan utama atau pokok karena kenari ini dianggap memiliki bentuk tubuh serta warna yang sempurna.
  • Kenari AF: Ini merupakan persilangan antara kenari F1 dengan kenari Lokal.
  • Kenari  AFS: Persilangan antara kenari F1 dengan kenari F1.
  • Kenari Lokal: Kenari yang telah lama dikembangbiakkan di Indonesia.
  • Kenari Loper (Lokal Super): Merupakan hasil persilangan antara AF dengan Lokal
  • Kenari Impor: Kenari yang berasal dari luar negeri atau yang telah dikembangbiakkan di luar Negeri, seperti Yorkshire, Norwegia, Norwich, dll.
  • Kenari F1: Persilangan antara kenari Yorkshire dengan kenari lokal.
  • Kenari F2: Persilangan antara kenari Yorkshire dengan kenari F1.
  • Kenari F3: Persilangan antara kenari Yorkshire dengan kenari F2.
  • Kenari F4: Persilangan antara kenari Yorkshire dengan kenari F3.

Demikianlah informasi singkat mengenai perbedaan kenari af dan f1 serta kenari lainnya yang istilahnya sulit dipahabi bagi penghobi burung kenari yang tergolong pemula (baca: cara ternak kenari bagi pemula). Kami berharap, apa yang kami bagikan di atas bisa menjadi salah satu informasi yang bermanfaat khsusunya bagi sobat kenari mania di Indonesia. Jangan lupa baca juga artikel sebelumnya tentang: suara kenari dan cara merawat kenari mabung dengan mudah.