Penyebab Utama Mengapa Kenari Jarang Berkicau

Advertisement
Advertisement
Sudah pastinya bila para penghobi kenari ingin memiliki kenari yang pintar berkicau, rajin bersuara, ataupun senang gacor. Tentu sangat menyedihkan bila kenari yang dimiliki tidak mau berbunyi atau jarang berkicau. Hal ini akan menjadi permasalahan tersendiri yang patut dipertanyakan mengapa burung kenari kok jarang berkicau. Apakah karena sakit? apakah karena stress? apakah karena kegemukan? nah, hal ini seharusnya menjadi perhatian dan pemilik  kenari harus mencari informasi akan hal ini.

Dan banyak juga penghobi kenari yang biasanya mendegarkan suara kicau burung kenari (baca: suara kenari), tapi kok tiba-tiba akhir-akhir ini macet untuk berkicau, maka sudah pasti ada beberapa sebab. Dan sobat kenari mania harus benar-benar mencari tahu penyebab kenari jarang berkicau. Hal ini bila tidak segera diatasi dan dicari tahu penyebabnya, maka berdampak negatif bagi pemilik maupun pada burung kenari itu sendiri. Efeknya bagi pemilik kenari tentu akan sedih jika kenarinya jarang berkicau, apalagi biasanya habis bagun tidur mendegarkan kicauannya, habis kerja mendegarkan kicauannya, tapi kok tiba-tiba macet berbunyi kan tentu suasanyanya akan berbeda. Dan bagi burung kenari yang macet bunyi juga tentu ada penyebabnya, salah satunya bisa dikarenakan burung dalam kondisi sakit. Hal ini perlu diatasi dan segera dicari tahu, bila burung benar sakit, maka segera bawa ke dokter hewan terdekat ataupun dengan cara mengobatinya sendiri dengan ramuan-ramuan alami.

kenari jarang kicau

Adapun beberapa poin penting yang mungkin menjadi penyebab utama mengapa burung kenari jarang berkicau atau macet bunyi:
  1. Kemungkinan pertama burung kenari betina, karena memang pada saat burung kenari betina berusia muda juga rajin berkicau, tapi setelah mengalami proses bertelur, mengerami, maupun mabung, kenari betina biasanya jarang untuk berkicau (baca: cara membedakan kenari jantan dan betina).
  2. Bisa jadi karena burung kenari dalam proses mabung, karena dalam proses mabung biasanya burung kenari berhenti berkicau kurang lebih selama satu bulan. Karena dalam proses mabung, sebagian energi kenari sebagian besar terkuras untuk proses ini (baca: cara merawat kenari mabung).
  3. Burung kenari yang kondisinya kurang baik, atau tidak sehat tentunya tidak bergairah untuk berkicau. Karena pada saat kenari sakit, tentu daya tahan tubuhnya menurun, sehingga harus nunggu burung kenari fit kembali. Pada saat ini segera bawa burung anda ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan serta penanganan yang tepat (baca: perawatan kenari sakit).
  4. Kenari yang kurus juga berpengaruh terhadap males untuk berbunyi, jadi sesuai pendapat pada umumnya yakni kenari harus diberi pakan yang istimewa agar rajin gacor.
  5. Agar kenari rajin gacor, salah satu hal terpenting adalah dengan mencukupi kebutuhan pokok burung kenari, mulai dari pemberian pakan yang istimewa dan berkualitas, pemandian yang rutin setiap hari, penjemuran yang rutin, serta kandang kenari harus selalu dibersihkan agar kotoran pada hilang, karena kotoran juga berpengaruh terhadap timbulnya penyakit pada burung. Tak lupa juga menyuplai vitamin terbaik agar perorma kenari semakin prima dan semakin gacor. Coba berikan vitamin alami OrBird.
Demikianlah sedikit informasi seputar penyebab burung kenari males gacor yang bisa kami sajikan kepada sobat kenari mania. Selalu merawat dan menjaga kenari agar tetap sehat dengan memperhatikan poin-poin yang telah kami jabarkan di atas. Baca juga artikel yang telah kami update sebelumnya mengenai ciri-ciri kenari roller.