Fakta Unik tentang Burung Kenari dan Sejarahnya

Advertisement
Advertisement
Mengapa burung kenari dinamai atau disebut Kenari? sebenarnya awal mula nama burung kenari bukanlah berasal dari nama buah kenari, tetapi nama ini didapat dari sebuah pulau habitat asli burung kenari. Nama pulau habitatnya adalah Canary, sedangkan Canary berasal dari bahasa latin yaitu Canarias yang artinya adalah pulau anjing. Mengapa dikatakan pulau anjing? karena pada zaman dahulu di daerah tersebut terdapat banyak anjing liar.

kenari unik

Burung kenari untuk pertama kalinya ditemukan oleh pelaut asal negara Perancis yang  bernama Jean De Berthan Cout di kepulauan Canary. Tepatnya pada abad ke-15 pelaut tersebut berada di pulau Canary dan menemukan burung jenis ini. Burung kenari memiliki suara yang merdu (baca: suara kenari), bentuk tubuh yang mungil, serta warna yang cantik membuat burung ini semakin mendunia. Semenjak 5 abad yang lalu, keanekaragaman burung kenari terus bertambah karena banyaknya perkawinan silang dari jenis kenari yang satu dengan jenis kenari lainnya. Keanekaragaman ini merupakan salah satu bentuk perkembangbiakan liar dari keturunan Serinus Canarias.

Untuk saat ini negara Belanda menjadi salah satu negara yang mengekspor kenari di Indonesia. Pada mulanya negara Belanda ini mendatangkan varian jenis kenari dari berbagai negara terkemuka di dunia seperti, Inggris, Belgia, Jerman, dll. Lalu kenari dari negara-negara tersebut dilakukan perkawinan silang dengan burung kenari liar hingga menghasilkan burung kenari yang saat ini populer namanya seperti: kenari scoth, kenari norwich, kenari bolder, kenari yorkshire, kenari lanchaisire, kenari gloser, kenari fancy, kenari london, dan lain sebagainya. Semakin banyak varian jenis kenari yang populer saat ini, tentunya masing-masing harganya berbeda, bisa anda lihat sendiri harga burung kenari terbaru pada bulan ini.

Adapun fakta unik kenari akan kami bagikan kepada sobat kenari mania berdasarkan beberapa referensi media online terkemika di Indonesia. Berikut fakta-fakta unik dan menarik seputar burung kenari:
  1. Telah ditemukan burung kenari jenis Yorkshire F2 dengan ukuran tubuh terkecil, yaitu panjangnya sekitar 12 centi menter.
  2. Ditemukan juga dari sumber lisan tentang lagu burung kenari durasi waktunya mencapai 01:15 detik.
  3. Telah ditemukan juga burung kenari tertua yang telah berumur 9 tahun, dan produktif.
  4. Awal mula burung kenari adalah berwarna hijau, kemudia beradaptasi dan berkembang biak, hingga kini ada berbagai macam burung kenari dengan warna yang bervariasi.
  5. Di Indonesia terdapat suatu peristiwa unik, yaitu superfekundasi pada burung kenari. Apa itu superfekundasi? superfekundasi merupakan sebuah peristiwa dimana kenari betina memiliki kemampuan yang unik, yaitu burung kenari yang mampu menghasilkan telur tanpa melalui proses pembuahan sperma.
  6. Adapun kondisi mabung terlama telah ditemukan, yaitu selama 1,2 tahun lamanya. Telah ditemukan juga pada burung kenari betina yaitu sekali bertelur menghasilkan 7 butir telur sekaligus.
  7. Ada juga sepasang burung kenari yang menghasilkan 3 ekor anak. 1 berwarna coklat, dan yang 3 berwarna kuning. Ada juga beberapa anak kenari yang lahir dengan kaki yang menyerupai kaki bebek, yaitu memiliki selaput.
  8. Dalam sehari, burung kenari jantan mampu mengawini 3 hingga 20 betina.
  9. Ada salah satu jenis burung kenari yang memiliki pendengaran di bawah rata-rata, yaitu hanya sekitar 4 hz saja. Burung tersebut dari jenis kenari Waterslager.
  10. Warna dasar pada pengelihatan manusia adalah merah, biru, dan hijau, sedangkan kenari berdasarkan 3 warna dasar pada manusia ditambah 1 warna dasar yaitu warna spektrum ultraviolet sebagai pembentuk insting alami.

Demikianlah beberapa fakta unik burung kenari yang bisa kami informasikan kepada sobat kenari mania, apabila ada kesalahan kata atau informasi, kami mohon maaf, karena kami menginformasikan fakta di atas berdasarkan rangkuman dari berbagai media seputar burung kenari. Yang terpenting adalah fakta di atas bisa menjadi salah satu wawasan mengenai keunikan pada burung kenari. Namun yang perlu diperhatikan juga bahwa tidak semua burung kenari memiliki keunikan seperti di atas, hanya kenari tertentu saja dari sekian banyak jenis kenari.