Ciri-ciri Kenari Gloster Consort dan Corona

Advertisement
Advertisement
Kenari saat ini banyak sekali penggemarnya, selain karena ada berbagai macam jenis dengan variasi keindahan masing-masing, burung ini juga memiliki suara yang bagus dan mengesankan (lihat: suara kenari). Selain jenis kenari Yorkshire yang harganya mahal dan menjadi incaran para penggemar kenari, ternyata ada satu jenis lagi yang tak kalah unik, yaitu kenari Gloster. Kenari Gloster menjadi salah satu kenari yang cocok untuk dijadikan sebagai burung peliharaan ataupun burung favorit bagi para penggemar kenari, karena burung kenari jenis yang satu ini memiliki keunikan tersendiri, selain termasuk burung yang aktif dan lincah, ternyata kenari Gloster daya tahannnya lebih kuat jika dibandingkan dengan kenari sejenis Yorkshire.

kenari gloster

Kenari Gloster adalah kenari impor yang bentuknya cukup kecil dibanding kenari lainnya, yaitu dengan bentuk fisik paling panjang sekitar 11 centi meter. Setelah mengamati perkembangan kenari Gloster dari waktu ke waktu, ternyata sebagian besar kenari jenis ini mampu memberikan keturunan yang bagus. Yakni pada tahun 2008 ataupun 2009 terdapat berbagai macam jenis Gloster yang postur tubuhnya hampir sempurna persis dengan Gloster dari daerah asalnya, yakni dengan ciri-ciri yang menonjol pada postur tubuhnya yang bulat seperti bola serta bulu-bulunya yang merebak. Berbeda dengan tahun sebelunya kenari Gloster posturnya lebih banyak yang panjang dan tidak ideal.

Burung kenari Gloster memiliki suara yang cukup menawan, yakni kicauan yang berombak serta lekukan-lekukan nada yang khas, menjadikan kenari jenis ini suaranya cocok dijadikan sebagai bahan untuk memaster kenari. Dan memang tak sedikit yang menerapkan suara kenari sebagai suara master. Dan sudah banyak penangkar kenari ini yang berasil merekam suara murninya yang sejak awal kedatangan kenari ini, sebelum mendengar kicauan jenis kenari lainnya, kemudian menirukannya. Selain ciri-ciri yang telah kami sebutkan di atas, ada ciri lain pada kenari Gloster, yaitu fisiknya yang nampak lucu disertai warnanya yang bervariasi. Tetapi sayangnya, sebagian besar kenari ini jarang ada warnanya yang cerah.

Kenari Gloster ketika penangkaran, sesuai dengan pengamatan kami, burung ini ternyata memiliki naluri berpasangan yang sangat bagus, meskipun sebenarnya juga bisa dipersilangkan dengan kenari jenis lainnya. Ada dua versi pada burung kenari Gloster, yaitu Gloster Consort dan Gloster Corona. Biasanya para penangkar kenari menggambungkan dua kategori ini, salah satu pertimbangannya adalah agar terjadi keseimbangan dalam bereproduksi serta faktor gentika yang sesuai.

Adapun perbedaan antara kenari Gloster Consort dengan kenari Gloster Corona bisa anda simak di bawah ini.

Gloster Consort 
Kenari Gloster yang tidak memiliki Crested dikenal dengan sebutan kenari Gloster Consort.

Gloster Corona
Kenari yang memiliki Crested dikenal dengan sebutan kenari Gloster Corona. Ternyata kenari Gloster Corona lebih mudah diternakkan jika diberikan pakan dengan kualitas yang bagus. pencahayaan yang tepat, serta kondisi lingkungan yang aman, sehingga menjadikannya lebih nyaman.

Demikian sedikit penjelasan dari kami mengenai ciri-ciri pada burung kenari Gloster, semoga apa yang kami tulis bisa memberikan sebuah wawasan tentang kunikan dan keanekaragaman pada burung kenari, khususnya pada burung kenari Gloster. Jangan lupa juga mengunjungi artikel kami yang telah kami share sebelumnya tentang suara kenari F1 yang mungkin bermanfaat bagi sobat kenari mania untuk bahan masterisasi pada kenari kesayangan anda.