Ciri-ciri Kenari Bakalan (Anakan) yang Bagus dan Berkualitas

Advertisement
Advertisement
Akhir-akhir ini semakin banyak penggemar burung kenaridi Indonesia, karena banyak yang menganggap bahwa kenari merupakan jenis burung yang sangat indah dan senang gacor. Karena memang pada umumnya burung kenari dikenal oleh banyak orang berkat suaranya yang merdu serta bentuk fisik yang mungil dan mempesona (baca: suara kenari). Sebenarnya burung kenari disebut dengan istilah serinus canaria yang awal mulanya ditemukan oleh seorang pelaut asal Perancis di sebuah pulau yang bernama Canary tepatnya abad ke-15. Bisa anda baca selengkapnya pada artikel tentang fakta unik kenari dan sejarahnya.

kenari bakalan

Burung kenari juga disebut-sebut sebagai burung primadona berkat kepopulerannya di zaman ini. Burung kenari tidak hanya sebagai burung untuk sekedar hobi saja, melainkan banyak juga yang tertarik untuk membudidayakannya. Karena melihat prospek kedepannya cukup cerah dengan mempertimbangkan jumlah penggemar kenari yang makin hari makin banyak. Bisa dilihat di acara perlombaan burung yang diadakan oleh kicau mania, burung kenari merupakan burung yang banyak sekali pesertanya. Dari sini saja bisa dilihat antusiasme dari kenari mania yang luar biasa, belum lagi di pasaran juga banyak pemburu burung kenari sesuai dengan jenisnya.

Ada berbagai macam jenis kenari yang patut anda ketahui, mulai dari jenis kenari yang paling mahal yaitu kenari yorkshire. Kenari ini disebut-sebut sebagai ratu kenari, karena selain harganya yang mahal tentu sesuai dengan keindahan bentuk fisiknya yang unik tegap panjang bak wortel terbalik. Selain yorkshire ada juga jenis kenari lain seperti kenari gloster, kenari roller, kenari lanchasire, dan masih banyak yang lainnya. Harganya pun berbeda-beda untuk setiap jenis kenari, bisa anda baca sendiri selengkapnya mengenai harga kenari.

Banyak juga yang bertanya-tanya mengenai ciri-ciri kenari bakalan apalagi bagi yang bagus itu seperti apa sih? kebanyakan yang menanyakan hal ini adalah para penghobi kenari yang tergolong pemula dan ingin memulai untuk beternak kenari mulai dari bakalan atau anakan. Sebelum kami jelaskan seputar ciri-ciri kenari anakan yang bagus dan berkualitas, maka baca juga artikel tentang cara ternak kenari bagi pemula. Adapun ciri kenari bakalan yang bagus bisa anda simak berikut ini:

Ciri-ciri kenari bakalan berkualitas:
  • Dari beberapa pilihan kenari bakalan yang dipajang, maka pilih yang paling menonjol dari segi fisik pada paruhnya yang membuka-buka serta lehernya yang bergerak-gera, silahkan diseleksi dengan kenrai bakalan lainnya. 
  • Jika kenarinya jenisnya sama, maka pilihlah kenari yang lehernya agak panjang dibanding yang lain.
  • Pilih juga badannya yang panjang dan kepalanya yang besar dibanding yang lain.
  • Banyak yang menganggap bahwa kenari yang mentalnya bagus juga ditentukan dengan warna hijau dan kuning, tapi ini bukanlah menjadi acuan pokok yang menonjol.
  • Pilih kenari F1.
  • Fusan, termasuk juga keluarga kenari
  • Blacktrouth, termasuk kenari, tapi pada umumnya bukan termasuk keluarga kenari, bisa dilihat dalam perlombaan, maka blacktrouth masuk dalam kelas campuran.
  • Blacken dari hasil persilangan antara Blacktrouth jantan dan betina. Hasilnya adalah blacken yang bersuara seperti blacktouth dari segi irama, kerapatan, dan panjangnya. Namun blacken volumenya lebih keras dan lantang.

Cukup sekian pembahasan mengenai ciri-ciri kenari bakalan yang bagus, semoga apa yang kami jelaskan di atas bisa menjadi sebuah manfaat dalam menentukan kenari bakalan yang berkualitas dan tepat agar nantinya menjadi kenari indukan yang berkualitas pula, sehingga mempu menurunkan gen yang berkualitas sebagai burung ternak yang prospek untuk kedepannya.