Cara Memaster (Mastering) Kenari Juara

Advertisement
Advertisement
Selamat siang sobat kenari mania,,,sobat kenari mania sudah memiliki berapa banyak jenis kenari? pastinya banyak kan? Jika berbicara tentang burung kenari, maka yang terlintas dalam benak kita adalah burung kenari merupakan salah satu jenis burung yang memiliki suara merdu. Maka dari itu, agar burung kenari semakin gacor dan rajin bernyanyi, tentu harus diberikan pelatihan khusus yang disebut dengan kegiatan memaster atau mastering kenari. Mastering kenari merupakan kegiatan untuk melatih serta mengeksplorasi kemampuan burung kenari agar mampu menirukan suara burung lainnya. Selain itu mastering kenari juga memicu agar burung kenari senang berkicau atau yang sering disebut dengan gacor.

kenari masteran

Kegiatan memaster kenari ini bisa dilakukan dengan cara mendengarkan suara master kenari sesuai yang diinginkan. Bisa juga dengan cara mengkombinasikan suara berbagai jenis kenari yang diinginkan agar kenari yang dimaster mampu menirukan suara dari banyak jenis kenari. Jadi, intinya adalah burung kenari yang dimaster supaya bisa menirukan suara kenari yang lain. Yang perlu anda ketahui, sebenarnya kegiatan mastering kenari ini sudah banyak dilakukan di Indonesia, dan masih jarang sekali dilakukan di luar Negeri.

Salah satu metode yang umumnya digunakan dalam kegiatan mastering kenari adalah dengan menggunakan kaset atau mp3 yang diputar dan didekatkan pada burung kenari yang dimaster. Suara kenari untuk isian dan master sebenarnya tidak harus menggunakan suara kicau burung kenari saja, tetapi bisa juga dengan suara burung jenis lain seperti ciblek, kacer, lovebird, dan lain sebagainya sesuai keinginan.
,
Banyaknya peserta perlombaan burung kenari juga turut memicu semangat dalam memaster burung kenari yang dimiliki. Tentunya sang pemilik kenari akan berusaha agar kenarinya mampu bersuara menirukan suara kenari lain. Banyak yang memaster kenari yang bertujuan agar kenari yang dimiliki semakin berkualitas, yaitu semakin pandai berkicau dan mampu menirukan berbagai suara dari berbagai macam jenis burung. Selain itu juga banyak yang menganggap bahwa mastering kenari mampu memperbaiki suara burung kenari.

Burung kenari yang telah berhasil berkicau dengan bagus serta memiliki berbagai suara burung lain tentu harganya sangat mahal dibandingkan dengan kenari biasa. Karena kenari juara adalah kenari yang mampu bersaing dengan kenari lain yang juga bagus dan berkualitas. Hal ini juga menjadi motivasi tersendiri bagi kenari mania untuk melatih burungnya agar semakin bagus dalam berkicau. Banyak juga yang menganngap bahwa burung kenari dari hasil persilangan antara kenari import Yorkshire  dengan kenari lokal menghasilkan kenari F1 yang berkualitas dan menjadi incaran  kenari mania. Namun banyak juga yang masih belum mengenal lebih dalam mengenai jenis kenari, khususnya perbedaan kenari AF dan F1. Bagi sobat kenari mania yang ingin tahu tentang kenari af bisa anda baca pada artikel tentang ciri-ciri kenari AF.

Bagi sobat kenari mania yang belum tahu cara memaster kenari, bisa anda simak informasinya berikut ini.
  1. Memilih suara kenari master yang tepat, baik dari kicau kenari Yorkshire, kenari F1, maupun burung jenis lain seperti ciblek, kacer, dan lain sebagainya. Untuk memilih kenari yang tepat sebenarnya dari kenari unggulan dan jelas asal usulnya, yaitu berasal dari indukan yang handal dan berkualitas, karena indukan yang berkualitas gen nya menurun kepada anaknya.
  2. Sebaiknya untuk melakukan kegiatan memaster kenari dilakukan pada kenari saat usia 1 hingga 1,5 bulan. Karena pada usia tersebut daya ingat burung kenari lebih tajam dan akan mudah menyimpan suara ke dalam memorinya.
  3. Waktu kegiatan mastering bisa dilakukan secara rutin dan berkesinambungan, yaitu saat mendengarkan suara master kepada kenari, jangan sampai berhenti seketika. Apalagi ketika saat kenari sudah mampu menirukan suara, maka harus tetap dimaster. Pada umumnya burung kenari yang sudah lancar menirukan suara master usia sekitar 7 hingga 9 bulan.
  4. Dalam melakukan kegiatan memaster kenari, maka harus memilih tempat yang tepat, yakni tempat yang jauh dari keramaian yang dapat menggangu kegiatan ini.
  5. Dalam proses mastering ini diperlukan semangat serta kesabaran agar kenari yang dimaster benar-benar menjadi kenari handal.

Demikianlah sedikit informasi mengenai cara memaster kenari yang bisa kami tulis pada blog ini, semoga sobat kenari mania yang memaster kenarinya bisa sukses dan memiliki kenari yang benar-benar unggul, handal, dan berkualitas.