Tips Memilih Burung Kenari yang Bagus untuk Kontes / Lomba

Advertisement
Advertisement
Tak sedikit penghobi burung memilih kenari sebagai burung untuk perlombaan, dan tak sedikit pula yang merawat burung kenari hanya sekedar hobi biasa dan menjadikannya sebagai hewan peliharaan yang didengar suaranya serta dilihat keindahan bentuk tubuh dan warna bulunya. Pasti sobat kenari mania terbesit untuk ingin memiliki salah satu jenis burung kenari khusus untuk kontes atau lomba. Melihat saat ini sudah sangat banyak penghobi kenari yang mengikuti even-even perlombaan kenari. Yang paling seru adalah mampu menunjukkan keunggulan pada kenari yang dimiliki, apalagi kenari yang dimiliki mampu berkicau sangat bagus dan indah serta mampu dengan baik menirukan suara kicauan kenari jenis lainnya.

kenari kontes

Ada banyak asumsi orang, yaitu apabila ingin memiliki kenari kontes khusus untuk perlombaan, maka tentu burung kenari harus didapatkan di daerah kontes tersebut. Karena burung kenari untuk kontes berbeda dengan kenari yang hanya sekedar sebagai burung ternak biasa. Yang perlu diketahui bersama adalah harga burung kenari untuk kontes sangat mahal, karena memang sudah terlatih dengan baik oleh pemiliknya, serta sudah terbiasa mendengarkan kicauan master, mulai dari kicauan kenari yorkshire, lanchasire, fancy, dan lain sebagainya, sehingga burung kenari tersebut mampu menirukan kicauan kenari jenis lain dengan baik.


Apabila anda ingin terjun dalam dunia kontes untuk kenari, tentu harus mempersiapkan segala sesuatunya, salah satunya yaitu harus memiliki burung kenari khusus untuk kontes. Apabila anda memiliki modal yang cukup tentu harus membeli burung kenari kontes tersebut, yang pasti harganya lumayan mahal jika dibandingkan dengan kenari biasa. Adapun tips-tips memilih burung kenari untuk kontes adalah sebagai berikut:
  1. Kenari jantan lebih tepat sebagai pilihan untuk kontes, maka dari itu usahakan anda yang akan mengikuti kontes harus memilih kenari jantan, tentunya harus sudah berbunyi.
  2. Memperhatikan postur tubuh kenari juga perlu, karena kenari yang posturnya lebih besar dan gemuk lebih malas untuk berkicau. Oleh sebab itu, perlu diperhatikan postur tubuh dengan ciri-ciri: burung harus lincah, tidak cacat, tidak gemuk.
  3. Perlu diperhatikan juga kualitas dari kicau sang burung, apakah kicauannya kasar? sebaiknya pilih kenari yang kicauannya terdengar lebih bagus, yaitu: nyaring dan lebih lama, 
  4. Kenari harus sudah terbiasa mendapatkan pelatihan atau yang sering disebut dengan istilah mastering. Kenari yang sering mendengarkan suara kicauan master kenari juara, maka kenari tersebut akan lebih bagus dan mampu menirukan suara master tersebut. 
  5. Burung kenari saat menyanikan lagu, tentu harus dipilih yang suaranya mampu bertahan lama, maksudnya tidak putus nyambung saat di tengah-tengah menyanyikan lagu.
  6. Pilih suara kenari yang nyaring, untuk mengetahuinya bisa dilakukan dengan cara membandingkan kenari tersebut dengan kenari lainnya, bila perlu dibandingkan dengan kenari yang sering juara.
  7. Pilih kenari yang gayanya bagus dan tenang, biasanya kenari yang gayanya bagus itu menurunkan kedua sayapnya. Biasanya kenari saat bernyanyi terus melihat kenari jantan lain maka akan melakukan gaya-gaya lain, seperti bergerak ke kanan dan kekiri, dan juga ada yang merentangkan kedua sayapnya.
  8. Perhatikan pula ketika burung kenari sedang berbunyi, apakah bunyinya dilakukan secara ngotot atau tanpa beban? Biasanya burung kenari yang ngotot bisa diketahui pada saat melihat kenari jenis lain berbunyi. Sehingga burung kenari menirukan bunyi kenari jenis lain dengan bunyi yang ngotot.
  9. Pilihlah kenari yang sudah memiliki mental bagus, biasanya burung kenari yang mentalnya buruk akan susah untuk berbunyi sesuai apa yang diharapkan. Untuk itu perlu juga pelatian khusus agar kenari memiliki mental lapangan yang bagus. Adapun tips melatih mental kenari yaitu: meletakkan burung kenari pada daerah yang ramai atau yang banyak dilewati orang, Bila perlu sering-sering bawa kenari untuk jalan-jalan atau bisa juga menemui komunitas sesama kenari, dan buat juga kandang umbaran agar kenari memiliki stamina yang fit dan bagus.

Cukup sekian dulu sedikit informasi tentang burung kenari untuk kontes yang bisa kami bagikan kepada sobat kenari mania yang baru memulai atau memiliki burung kenari tapi sudah ingin dan berinisiatif untuk mengikuti even kontes burung kenari. Bagi para pemula sebaiknya terlebih dahulu banyak-banyak mencari informasi hingga memiliki pengalaman yang cukup, hingga kemudian siap untuk mengikuti perlombaan.